Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investor Mulai Tidak Yakin dengan Likuiditas

Kompas.com - 24/05/2013, 08:30 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Investor mulai tidak yakin terhadap kelanjutan injeksi likuiditas dari bank sentral. Ini bisa memicu koreksi indeks di berbagai bursa dunia yang sebelumnya sempat mencapai rekor tertingginya.

Pernyataan the Fed terhadap kemungkinan pengurangan stimulus jika ekonomi AS membaik, disertai pernyataan Gubernur Bank of Japan (BoJ) Kuroda untuk menurunkan imbal hasil obligasi di tengah ekspektasi naiknya inflasi membuat kepanikan investor. Kebijakan BoJ yang berencana menstimulus ekonomi Jepang senilai 74 triliun yen per bulan telah membuat aliran modal asing masuk yang masif.

Hal ini menurut ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Lana Soelistianingsih, membuat imbal hasil obligasi Jepang turun dan indeks Nikkei naik disertai pelemahan yen hingga menembus 103,31 per dollar AS. Pernyataan BoJ membuat investor meragukan kebijakan stimulus yang diumumkan. Investor semakin khawatir dengan data manufaktur China yang kontraksi (turun) dalam tujuh bulan terakhir. Kekhawatiran ini membuat koreksi indeks di berbagai bursa dunia, yang sebelumnya sempat mencapai rekor tertingginya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com