Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Negara Pemberi Utang Terbesar di Dunia

Kompas.com - 28/05/2013, 21:35 WIB
Bambang Priyo Jatmiko

Penulis

TOKYO, KOMPAS.com — Jepang tetap mempertahankan posisinya sebagai negara kreditor terbesar di dunia selama 22 tahun berturut-turut hingga 2012. Jumlah pinjaman yang diberikan negara ini semakin menggelembung seiring dengan penguatan dollar AS terhadap yen.

Setelah Jepang, pemberi utang terbesar kedua di dunia ditempati oleh China daratan, kemudian disusul oleh Jerman di posisi ketiga. Negara-negara ini tercatat sebagai pemberi utang utama bagi negara lain, baik melalui pinjaman langsung maupun pembelian surat utang.

Sebagaimana dikutip dari AFP, Selasa (28/5/2013),  piutang luar negeri bersih Jepang per akhir tahun lalu berdasarkan data pemerintah negara itu mencapai 296,3 triliun yen, setara 2,9 triliun dollar AS. Pelemahan yen berarti aset dalam mata uang yang lain, seperti dollar AS, akan bernilai lebih tinggi bila dihitung dalam yen.

Namun, para analis mengatakan, tidak ada jaminan Jepang akan mempertahankan posisinya sebagai kreditor terbesar dunia karena negara itu menghadapi defisit perdagangan yang besar akibat lonjakan impor energi.

"Pengaruh nilai tukar hanya memberikan dorongan sementara," kata Tsuyoshi Nakazawa, analis investasi asing untuk Mitsubishi UFJ Morgan Stanley Securities di Tokyo. Dia menyatakan, posisi Jepang sebagai kreditor utama akan sangat tergantung pada daya saing ekonomi dan pola konsumsi energi. Menurutnya, Jepang hidup dari warisan yang ada sekarang.

Berikut adalah lima negara pemberi utang terbesar di dunia (dalam dollar AS):
Jepang          2,9 triliun
China            1,46 triliun
Jerman         1,19 triliun
Swiss            820 miliar
Hongkong     615 miliar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com