Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HUT RI, Tarif KA Bandara Kuala Namu Turun jadi Rp 60.000

Kompas.com - 06/08/2013, 15:46 WIB
Alsadad Rudi

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - PT KAI menyampaikan bahwa selama masa perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 68, tarif tiket kereta Bandara Internasional Kuala Namu, Sumatera Utara akan turun dari Rp 80.000 menjadi Rp 60.000.

Tiket seharga Rp 60.000 diperkirakan akan berlaku dalam pekan depan sampai 31 Aguatus 2013. "Minggu depan, tarif turun jadi Rp 60.000, ada promo kemerdekaan. Setelah itu kembali jadi Rp 80.000," kata Direktur Utama PT KAI Ignatius Jonan di Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa (6/8/2013).

Jonan sendiri belum dapat memastikan tanggal mulai berlakunya promo tersebut. Namun dia menegaskan, akan berlaku mulai pekan depan.

Terkait harga tiket Rp 80.000 yang berlaku saat ini, menurut Jonan wajar dan tidak mahal. Hal itu karena operasional kereta yang menghubungkan Bandara Kuala Namu ke kota Medan tersebut tidak mendapatkan alokasi subsidi dari pemerintah.

"Yang bangun juga murni pakai dana PT KAI, jadi tidak ada subsidi. Tiket harga segitu justru wajar," ujarnya.

Bandara Internasional Kuala Namu terletak di Kuala Namu, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Bandara yang mulai beroperasi sejak 25 Juli 2013 ini, terletak sekitar 40 km dari pusat kota Medan, ibukota Provinsi Sumatera Utara.

Mulai beroperasinya bandara yang menggantikan peran Bandara Polonia ini, menjadikannya sebagai bandara terbesar kedua di Indonesia (setelah Bandara Soekarno-Hatta) dan bandara pertama di Indonesia yang memiliki akses kereta langsung ke pusat kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com