Lewat Buku, Para Penulis Ini Jadi Miliarder - Kompas.com

Lewat Buku, Para Penulis Ini Jadi Miliarder

Sakina Rakhma Diah Setiawan
Kompas.com - 07/07/2014, 15:07 WIB
ABC JK Rowling.

KOMPAS.com — Menulis bukan pekerjaan mudah. Sebelum membuat cerita, para penulis kadang harus melakukan riset, merangkai alur dan karakter, serta menuliskannya dalam jutaan kata dan waktu yang tak singkat. Banyak penulis yang masih belum beruntung. Namun demikian, tak sedikit penulis yang menjadi miliarder berkat karyanya.

Berikut beberapa penulis yang sukses meraup ketenaran dan keuntungan berkat buku-bukunya. 1. JK Rowling
Siapa tak kenal Rowling? Penulis ini mendulang kesuksesan lewat kisah Harry Potter yang tak hanya dikenal bukunya, tetapi juga film dengan judul sama. Karya pertama Rowling, Harry Potter and the Sorcerer's Stone atau Harry Potter dan Batu Bertuah, diterbitkan pertama kali tahun 1997 dan langsung meraih sukses.

Saat ini Rowling memiliki kekayaan 1 miliar dollar AS. Serial Harry Potter rampung pada tahun 2007, dengan diterbitkannya seri ketujuh berjudul Harry Potter and the Deathly Hallows atau Harry Potter dan Relikui Kematian yang ludes terjual sebanyak 15 juta eksemplar dalam waktu 24 jam. Sebelum Harry Potter "lahir", Rowling boleh dikatakan hidup miskin. Akan tetapi, dengan imajinasinya yang luar biasa, karya-karyanya dapat diterima dengan baik oleh anak-anak maupun orang dewasa.

2. Danielle Steel
Danielle Steel memegang titel penulis paling sukses di dunia bila dilihat dari jumlah buku yang terjual. Buku-bukunya telah terjual lebih dari 800 juta eksemplar sejak debutnya tahun 1978. Saat ini kekayaan Steel mencapai 375 juta dollar AS.

Dalam setahun, Steel dapat menerbitkan beberapa judul buku. Ini membuktikan produktivitasnya dalam menulis. Steel dipuji karena cara menulisnya yang seperti mendongeng, walaupun kritik ia peroleh. Steel pun memiliki basis penggemar yang kuat.

3. John Grisham
Grisham dijuluki Raja Genre Thriller Hukum. Padahal, dalam kehidupannya Grisham adalah pengacara kriminal selama bertahun-tahun. Ia pun sempat bekerja di Dewan Perwakilan Negara Bagian Mississippi. Saat ini Grisham memiliki kekayaan sekitar 200 juta dollar AS.

Grisham menerbitkan karya debutnya berjudul A Time To Kill pada tahun 1989 dan diikuti The Firm pada tahun 1991 yang paling dikenal publik. The Firm kemudian diadaptasi ke dalam film yang dibintangi Tom Cruise. Ia bersama JK Rowling dan Tom Clancy adalah 3 penulis yang berhasil menjual 2 juta eksemplar karya debut mereka. Karya-karya Grisham sudah terjual 275 juta eksemplar di seluruh dunia.

PenulisSakina Rakhma Diah Setiawan
EditorErlangga Djumena
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM