Gunakan Media Sosial sebagai Alat Pemasaran! - Kompas.com

Gunakan Media Sosial sebagai Alat Pemasaran!

Sakina Rakhma Diah Setiawan
Kompas.com - 09/09/2014, 10:40 WIB
ftadviser.com Ilustrasi sosial media

JAKARTA, KOMPAS.com
- Memanfaatkan kekuatan konten dan media sosial untuk sarana pemasaran produk dapat membantu meningkatkan audiens dan basis konsumen. Akan tetapi, memulai untuk memasarkan produk anda dengan media sosial sangatlah menantang. Penting bagi anda untuk mengetahui fundamental pemasaran lewat media sosial.

Simaklah "hukum-hukum" ini untuk membantu anda meningkatkan penjualan produk secara online melalui media sosial.
1. Hukum Mendengarkan
Sukses memasarkan produk dengan konten dan media sosial membutuhkan lebih banyak mendengarkan dibandingkan berbicara. Bacalah konten target pasar anda dan bergabunglah dalam forum diskusi untuk mempelajari apa yang penting bagi mereka.

2. Hukum Fokus
Lebih baik anda fokus dibandingkan melakukan segala hal tapi setengah-setengah. Strategi pemasaran via konten dan media sosial yang fokus dibutuhkan guna membentuk brand yang kuat. Dengan demikian, anda memiliki lebih banyak kesempatan untuk sukses dibandingkan memakai strategi yang terlalu luas.


3. Hukum Kualitas
Kualitas mengalahkan kuantitas. Lebih baik memiliki 1.000 koneksi yang sudah pasti membaca, berbagi, dan membicarakan konten anda dengan sesamanta dibandingkan 10.000 koneksi yang menghilang setelah satu kali saja berhubungan dengan anda.

4. Hukum Kesabaran
Pemasaran melalui konten dan media sosial tidak sukses dalam waktu semalam. Anda harus ekstra sabar dan benar-banr berkomitmen dalam jangka panjang untuk mencapai hasil yang anda inginkan.

5. Hukum Meracik Konten
Apabila anda mempublikasikan konten yang luar biasa dan berkualitas, serta bekerja untuk membangun audiens online anda yang berisikan followers yang berkualitas, mereka akan membaginya dengan audiens mereka sendiri, baik di Twitter, Facebook, LinkedIn, blog pribadi, dan sebagainya.

Masih banyak ilmu dan kiat yang bisa anda pelajari mengenai pemasaran menggunakan konten dan media sosial dengan menjadi bagian dari Asia Pacific Media Forum. Acara yang akan dihadiri oleh praktisi pemasaran, media, periklanan, dan teknologi ini digelar pada 18 sampai 20 September 2014 di Nusa Dua, Bali. Kunjungi laman resmi APMF 2014 di www.apmf.com/2014. Perkaya informasi anda tentang APMF dan segera daftarkan diri anda!

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisSakina Rakhma Diah Setiawan
EditorErlangga Djumena
Komentar