Suzuki Targetkan Penjualan LCGC 1.104 Unit di Bandung dan Priangan Timur - Kompas.com

Suzuki Targetkan Penjualan LCGC 1.104 Unit di Bandung dan Priangan Timur

Kontributor Bandung, Reni Susanti
Kompas.com - 01/06/2015, 18:19 WIB
Suzuki Karimun Wagon R AGS, varian terbaru dari mobil murah Suzuki.

BANDUNG, KOMPAS.com - PT Nusantara Jaya Sentosa (NJS), maindealer Suzuki di Bandung dan Priangan Timur mengaku, pasar otomotif lima bulan terakhir sulit diprediksi. Bahkan bisa dikatakan, siklus penjualan awal tahun ini tidak normal.

"Pada Januari, penjualan kita menurun. Lalu di Februari meningkat, Maret meningkat lagi jadi 850 unit, dan April kembali turun ke angka 650 unit. Untuk bulan Mei kembali turun jadi 600 unit. Fluktuasinya sangat terasa dan tidak bisa diprediksi," ujar Sales Marketing Manager PT NJS, Andy Widjaya di Bandung, Senin (1/6/2015).

Andy mengungkapkan, penurunan ini terjadi pada hampir semua ATPM. Kondisi ekonomi Indonesia, membuat pasar otomotif menurun. Bahkan di Jabar sendiri, penurunan otomotif dari Januari-April 2015 mencapai 3.000 unit untuk seluruh tipe. Namun, Mei-Juni ini, pasar otomotif diperkirakan meningkat karena masuk dalam siklus puasa dan Lebaran.

Untuk mengambil pasar tersebut, pihaknya menyiapkan strategi khusus. Salah satunya dengan meluncurkan produk baru, Suzuki Wagon R. Andy mengungkapkan, hingga akhir tahun, pihaknya menargetkan penjualan Suzuki Wagon R untuk semua tipe sebesar 1.104 unit dengan market share 10 persen. Jumlah tersebut naik tipis dari tahun lalu sebesar 1.046 unit dengan market share 9,41 persen.

"Januari-April kita sudah menjual 194 unit. Kami optimis, kehadiran varian baru akan meningkatkan penjualan. Apalagi Karimun Wagon R menghadirkan transmisi baru AGS," ucapnya.

Head of Regional Training Suzuki Jawa Barat PT NJS, Toni Sugiharto Koswara mengatakan, AGS merupakan sistem transmisi yang menggabungkan dua tipe transmisi baik manual dan matic yang dibenamkan dalam satu mesin mobil. Teknologi AGS pada Karimun Wagon R merupakan yang pertama dalam produk LCGC.

Meski mengaplikasikan teknologi transmisi AGS, Karimun Wagon R AGS diluncurkan dengan harga yang kompetitif. Suzuki Karimun Wagon R AGS dipasarkan dengan harga on the road di wilayah Bandung dan sekitarnya Rp112 juta untuk varian GL, Rp 121 juta untuk varian GX, Rp124 juta untuk varian Dilago dan Rp126,8 juta untuk varian GS.

PenulisKontributor Bandung, Reni Susanti
EditorBambang Priyo Jatmiko
Komentar