Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laba Bersih Astra International Semester I 2016 Turun 12 Persen

Kompas.com - 28/07/2016, 18:40 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Astra International Tbk (ASII) mencatat penurunan laba bersih di semester I 2016 sebesar 12 persen dari Rp 8 triliun menjadi Rp 7,1 triliun akibat pelemahan harga komoditas dan penurunan permintaan alat berat.

"Laba bersih grup Astra selama semester pertama menurun. Tantangan pada semester pertama tahun ini berasal dari pelemahan harga komoditas dan permintaan terhadap alat berat," ujar Presiden Direktur ASII, Prijono Sugiarto, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (28/7/2016).

Prijono mengatakan, selain pelemahan harga komoditas dan penurunan permintaan alat berat, penurunan volume bisnis kontraktor pertambangan dan peningkatan kredit bermasalah di Permata Bank masih akan dirasakan hingga akhir tahun.
 
"Kendati demikian, kami berharap kinerja dari bisnis pembiayaan konsumen dan otomotif masih solid," imbuh Prijono.
 
Penurunan laba bersih perseroan diiringi dengan penurunan pendapatan bersih konsolidasi Astra pada sebesar 5 persen menjadi Rp 88,2 triliun pada semester I 2016 dari Rp 92,5 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya.

"Grup Astra mengalami penurunan pendapatan bersih di sektor alat berat dan pertambangan serta agrobisnis, sementara kontribusi pendapatan bersih dari Toyota Sales Operation juga menurun," tandas Prijono.

Selain itu, tercatat, laba bersih per saham pun mengalami penurunan sebesar 12 persen dari Rp 199 per saham menjadi Rp 176 per saham.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com