Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerjabilitas, Kerja Mulia Bantu Penyandang Disabilitas Meraih Impian

Kompas.com - 03/09/2016, 10:22 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah, terlebih bagi para penyandang disabilitas.

Tak dapat dipungkiri, di Indonesia para penyandang disabilitas masih belum mendapat kesempatan yang besar untuk memperoleh pekerjaan. Jangankan pekerjaan, informasi lowongan pun sangat sulit mereka dapatkan.

Melihat kondisi tersebut, Muhammad Rubby Emir Fahriza dan rekannya, Tety Nurhayati Sianipar tergerak mencari sebuah solusi.

Pada tahun 2014 Rubby dan Tety lantas mempunyai ide membuat sebuah sistem informasi khusus agar para penyandang disabilitas bisa mendapatkan informasi lowongan pekerjaan.

Selain itu juga menjembatani antara para disabilitas dan penyedia kerja. Sebab salah satu masalah terbesar di Indonesia untuk disabilitas mendapat pekerjaan adalah belum adanya wadah informasi lowongan khusus.

Ide tersebut lalu diikutkan pada sebuah kompetisi ide kreatif. Kompetisi yang diselenggarakan oleh Yayasan Wikimedia ini mendorong munculnya ide-ide kreatif untuk memecahkan masalah sosial dengan menggunakan ponsel.

Ide Rubby dan Tety ini bersaing dengan ratusan peserta lainya. "Total ada 350 lebih peserta, Ide Kita lolos 12 besar dan termasuk yang didanai," ujar Rubby Emir saat ditemui Kompas.com di kantor Kerjabilitas.com, Jalan Sidikan, Gg. Wijaya Kusuma 82A, Sorosutan, Kota Yogyakarta, Jumat (02/09/2016).

Usai lolos seleksi, Rubby lantas melakukan forum diskusi dengan komunitas disabilitas di tiga kota yakni Surabaya, Malang, dan Yogyakarta.

Forum diskusi ini untuk menambah masukan terkait layanan yang akan dibuat. "Kita mendapat banyak masukan, baik fiturnya, konten serta aksesibilitasnya. Enam bulan Website Application (Web Apps) dikerjakan, pada Maret 2015 kita launching Kerjabilitas.com," ucapnya.

Alumnus Universitas Negeri Surabaya ini menjelaskan, di Website Application Kerjabilitas ada tiga fitur unggulan.

Pertama job list (daftar lowongan pekerjaan). Di Job list, pencari kerja bisa melihat posisi yang dibutuhkan, gajinya dan lokasi kantornya.

Daftar lowongan pekerjanya meliputi semua bidang, baik dari perusahaan, instansi, organisasi, maupun UMKM.

Fitur kedua, adalah profil. Pencari kerja dapat mengisi data diri dan skill yang dimiliki sehingga penyedia kerja baik instansi, organisasi, maupun UMKM bisa melihat dan ketika tertarik bisa langsung menghubungi.

Ketiga, ada fitur terhubung sehingga para pencari kerja bisa saling invite profil dan berkomunikasi lewat chatting. Selain itu, pencari kerja juga bisa berkomunikasi dengan penyedia kerja.

Alumnus Universitas Negeri Surabaya ini mengungkapkan, dari Tahun 2015 hingga 2016 penyandang disabilitas pencari kerja yang mendaftar sudah mencapai 4.000 orang lebih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com