Sebanyak 77 Persen Masyarakat Ingin Belanja Saat Hari Belanja Online Nasional - Kompas.com

Sebanyak 77 Persen Masyarakat Ingin Belanja Saat Hari Belanja Online Nasional

Pramdia Arhando Julianto
Kompas.com - 06/12/2016, 16:52 WIB
Pramdia Arhando Julianto Country General Manager Shopback Indonesia Indra Yonathan saat konfrensi pers Survei ShopBack Jelang Harbolnas 2016 di Jakarta, Selasa (6/12/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) akan dilaksanakan pada 12 hingga 14 Desember 2016.

Harbolnas dilakukan untuk mendorong dan mengedukasi masyarakat mengenai kemudahan berbelanja secara online yang sudah dirintis sejak tahun 2012.

Menurut hasil survei online Shopback Indonesia menjelang Harbolnas 2016 kepada 2.734 reponden, tercatat 77 persen masyarakat Indonesia ingin melakukan aktivitas belanja online pada Harbolnas mendatang.

Country General Manager Shopback Indonesia Indra Yonathan mengatakan, sebab masyarakat ingin melakukan aktivitas belanja pada Harbolnas yaitu karena adanya promo dan diskon menarik dari pelaku e-commerce.

"Dari 77,1 persen konsumen yang menyukai promo dan diskon saat Harbolnas mendatang, yang paling menarik adalah temuan mengenai apa saja jenis promo dan diskon yang mendorong mereka untuk berbelanja," ujar Indra saat konfrensi pers Survei ShopBack Jelang Harbolnas 2016 di Jakarta, Selasa (6/12/2016).

"Seperti voucher potongan harga, harga spesial, pemasaran menarik, undian dan barang edisi terbatas," ungkapnya.

Dengan tingginya animo masyarakat terhadap Harbolnas, pihaknya mengimbau agar pelaku e-commerce memberikan pelayanan yang prima.

Terlebih masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan yaitu soal logistik atau pengiriman barang yang berpotensi akan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pelanggan.

"Sebab, dalam survei kami ditemukan fakta bahwa sebanyak 59 persen konsumen masih menjadikan lamanya pengiriman barang sebagai masalah utama," paparnya.

Belanja Masyarakat

Survei tersebut juga mengestimasi biaya yang dibelanjakan masyarakat dalam Harbolnas. "Sebagian besar konsumen akan menghabiskan uang senilai Rp 250.000 sampai satu juta rupiah dalam Harbolnas 2016 yang akan digelar nanti," tambahnya.

Dalam rangka memeriahkan Harbolnas, smescotrade, situs belanja online milik Kementerian Koperasi dan UKM juga akan melibatkan 700 pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM).

Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah juga akan mengoptimalkan pihak yang sudah bekerja sama seperti, jasa pengiriman barang JNE Logistik dan Lion Parcel, jasa pembayaran elektronik DOKU hingga e-marketplace seperti Blibli.com, Bhineka.com, Heritage.id, Bukalapak.com, Qlapa.com.

PenulisPramdia Arhando Julianto
EditorM Fajar Marta
Komentar
Close Ads X