Ini Produk Paling Diincar Saat Hari Belanja "Online" Mendatang - Kompas.com

Ini Produk Paling Diincar Saat Hari Belanja "Online" Mendatang

Pramdia Arhando Julianto
Kompas.com - 06/12/2016, 18:00 WIB
Thinkstock Ilustrasi Harbolnas

JAKARTA, KOMPAS.com - ShopBack Indonesia telah melakukan survei online kepada masyarakat menjelang Hari Belanja Online (Harbolnas) pada 12-14 Desember mendatang. Pada gelaran Harbolnas mendatang akan diramaikan oleh 200 e-commerce yang beroperasi di Indonesia.

Menurut hasil survei online Shopback Indonesia menjelang Harbolnas 2016, sebanyak 2.734 responden mencatat ada beberapa produk yang akan mereka dalam Harbolnas 2016 mendatang.

"Gadget dan aksesoris (63,9 persen) menjadi kategori produk yang paling diincar konsumen ketika Harbolnas 2016 nanti," ujar Country General Manager Shopback Indonesia Indra Yonathan saat konfrensi pers Survei ShopBack Jelang Harbolnas 2016 di Jakarta, Selasa (6/12/2016).

Berikutnya menyusul fashion, keperluan rumah tangga, makanan dan minuman, kecantikan dan kesehatan, tiket dan keperluan travel, terakhir otomotif.

Indra menambahkan, selain melakukan survei produk yang akan dibeli masyarakat, pihaknya juga meneliti rentang usia konsumen yang berbelanja pada Harbolnas mendatang.

"Survei ShopBack menemukan fakta bahwa golongan usia 19 tahun hingga 35 tahun akan menjadi golongan konsumen terbesar dari segi usia yang akan berpartisipasi di Harbolnas 2016," tambahnya.

Menurutnya, dari angka tersebut sekitar 58 persen dari mereka adalah karyawan dengan penghasilan di seputaran Rp 2 ,5 juta hingga Rp 7,5 juta per bulan.

Indra menambahkan, dengan rentang usia dan penghasilan tersebut, pelaku e-commerce di Indonesia dapat membangun strategi yang tepat dalam mendekatkan diri kepada konsumen, baik dalam promo yang akan dilakukan, hingga media atau sarana informasi yang digunakan

"Mayoritas responden menyatakan, sumber informasi mereka adalah media sosial dan disusul berita publikasi di situs belanja online dan media online," pungkasnya.

Sementara itu, berdasarkan pada hasil survei yang dilakukan Nielsen selama Harbolnas 2015, disebutkan bahwa 76 persen pengguna internet mengetahui tentang perayaan Harbolnas.

Menurut data yang dikeluarkan Nielsen penjualan per hari pada Harbolnas mencapai 1,8 kali lipat dibanding pada penjualan biasanya. Nilai transaksi selama Harbolnas 2015 mencapai angka Rp 2,1 triliun.

Kompas TV Festival Belanja Online Bidik Kenaikan Transaksi 500%

PenulisPramdia Arhando Julianto
EditorAprillia Ika
Komentar
Close Ads X