Maksimalkan Serapan Tenaga Kerja, Pemerintah Petakan Sektor Industri - Kompas.com

Maksimalkan Serapan Tenaga Kerja, Pemerintah Petakan Sektor Industri

Kompas.com - 19/02/2017, 09:08 WIB
Estu Suryowati/Kompas.com Menko Perekonomian Darmin Nasution

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melakukan pemetaan sektor industri untuk menentukan prioritas sektor dan jenis pekerjaan untuk memaksimalkan serapan lulusan pendidikan dan pelatihan vokasi.

Selain itu, pemetaan juga untuk menentukan keahlian yang relevan dengan sektor industri untuk diajarkan di pendidikan dan pelatihan vokasi.

“Pendidikan dan pelatihan vokasi ini merupakan salah satu dari tiga pilar utama Kebijakan Ekonomi Pemerataan. Prinsip pertama yang perlu kita sepakati adalah kita akan berangkat dari demand driven. Kita identifikasi pekerjaannya, kita cocokkan dengan kebutuhan di lapangan, lalu kita desain training-nya,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dalam keterangan resminya, Sabtu (18/2/2017).

Pendekatan yang dilakukan dalam jangka waktu dekat adalah pemerintah akan menyiapkan SDM berdasarkan kebutuhan yang mendesak.

“Ada proyek-proyek pemerintah yang membutuhkan tenaga kerja segera, seperti program listrik 35.000 MW dan sertifikasi pertanahan. Ada pula kebutuhan untuk sektor pariwisata, manufaktur, kesehatan, transportasi, Kawasan Industri, Kawasan Ekonomi Khusus dan sekolah berbasis agama di tahun terakhir pendidikannya,” jelas Darmin.

Rapat ini dihadiri sejumlah menteri, antara lain Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Menteri Agraria dan Tata Ruang /Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro, dan pejabat Kementerian/Lembaga terkait.

Hampir 50 Juta tenaga kerja di Indonesia berada dalam jabatan yang memiliki tingkat kesejahteraan rendah, yaitu sebagai petani, pedagang dan pekerja manufaktur.

Sebagai sektor yang memiliki tenaga kerja paling besar di Indonesia namun memiliki tingkat kesejahteraan yang kecil, maka tranformasi perlu dilakukan khususnya untuk mereka yang berada pada sektor subsistence farmers, fishers, hunters & gathers.

“Kebijakan pemerintah akan difokuskan untuk meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja yang berada di tiga sektor tersebut,” tegas Darmin.

EditorBambang Priyo Jatmiko
Komentar