Bangun Dermaga Baru, Pelindo III Reklamasi Lahan di Semarang - Kompas.com

Bangun Dermaga Baru, Pelindo III Reklamasi Lahan di Semarang

Kontributor Semarang, Nazar Nurdin
Kompas.com - 22/02/2017, 08:48 WIB
TRIBUNNEWS / HERUDIN Ilustrasi pelabuhan peti kemas

SEMARANG, KOMPAS.com – PT Pelabuhan Indonesia III akan membangun dermaga baru di kawasan Pantai Tanjung Emas Semarang tahun 2017 ini. Rencananya, dermaga baru akan dibuat dengan cara reklamasi di wilayah Kalibaru Barat, di atas lahan seluas 22 hektare.

“Proyek itu masuk tahap I, yang akan dikerjakan tahun 2017 ini. Kita reklamasi seluas 22 hektare,” ujar General Manager Pelindo III Cabang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Agus Hermawan, Rabu (22/2/2017).

Pengembangan pelabuhan Tanjung Emas Semarang diperlukan untuk mengantisipasi lonjakan pengiriman peti kemas di wilayah tersebut. Proyek pengembangan itu dinamakan pengembangan Kalibaru Barat.

Untuk kebutuhan reklamasi, Pelindo saat ini tengah mengajukan izin di Kementerian Perhubungan. Selain itu, pihaknya juga tengah menanti izin mengenai analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal). Perseroan yakin semua izin yang diajukan akan terealisasi tahun ini.

Proyek pengembangan tahap I ini, direncanakan reklamasi di lahan Kali Baru Barat seluas 22 hektare, akan dilakukan pada pertengahan tahun ini. Proyek pengembangan akan terus dikembangkan pada tahap II, yaitu dengan membangun dermaga dan gudang-gudang. Untuk tahap II, lahan yang digunakan mencapai 82 hektare.

“Jadi total tahap I dan tahap II sekitar 104 hektare. Tahap II untuk kegiatan curah kering dah curah cair,” ujar Agus.

Pengembangan pelabuhan Kalibaru Barat ditujukan untuk memperkuat kegiatan bongkar muat di pelabuhan. Dengan dermaga baru, proses pemindahan barang bisa dilakukan di dalam area pelabuhan.

"Pengembangan ini untuk mengantisipasi kegiatan bongkar muat di pelabuhan yang sudah tidak mencukupi lagi, maka akan dipindahkan ke Dermaga Kalibaru Barat. Nantinya Dermaga ada di sisi timur, lalu ditunjang dengan gudang, lapangan, dan fasilitas pendukungnya," imbuhnya.

PenulisKontributor Semarang, Nazar Nurdin
EditorBambang Priyo Jatmiko

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM