Cara Benar Bersihkan Kaca Helm Tanpa Bikin Lecet - Kompas.com

Cara Benar Bersihkan Kaca Helm Tanpa Bikin Lecet

Setyo Adi Nugroho
Kompas.com - 23/02/2017, 09:05 WIB
Donny Apriliananda Model klasik tanpa penutup muka, hanya terdapat kaca penahan panas.

Jakarta, Otomania.comHelm menjadi perangkat wajib pakai bagi pengendara motor. Di musim hujan, helm juga tidak lepas dari perhatian untuk perawatan.

“Helm kotor itu membuat berkendara jadi tidak nyaman. Perawatannya bisa dilakukan setelah digunakan, sempatkan waktu sebentar untuk membersihkan helm,” ucap Agus Hermawan, owner Juragan Helm saat dihubungi Rabu, (22/2/2017).

Menurut Agus, untuk perawatan bagian luar adalah yang paling mudah. Setelah digunakan saat hujan, siram terlebih dahulu dengan air bersih. Gunakan sedikit sabun cair untuk membersihkan permukaan luar helm.

Tips khusus dari Agus yang sudah sering merawat helm dengan beragam merek ini adalah penggunaan telapak tangan untuk membersihkan helm. Ini agar pemilik dapat merasakan permukaan helm juga visor helm apabila terdapat kerikil atau kotoran yang menempel.

“Jangan pakai lap. Ini membuat kita tidak tahu apakah ada kerikil kecil atau kotoran yang tidak larut dibersihkan dengan air sabun. Lewat telapak tangan kita bisa merasakan dan berhati-hati,” ucap Agus.

Pasalnya bila sampai kerikil menggores bagian helm terutama visor, maka akan timbul goresan yang sulit dihilangkan. Pada visor jelas akan mengganggu pemandangan.

Untuk bagian-bagian yang sulit pemilik helm bisa menggunakan sikat lembut. Setelah yakin permukaan bersih maka bisa di lap bersih dan untuk memberi perlindungan tambahan gunakan wax agar makin berkilau.

PenulisSetyo Adi Nugroho
EditorAzwar Ferdian
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM