Maret 2017, Satu Koperasi Mulai Salurkan KUR - Kompas.com

Maret 2017, Satu Koperasi Mulai Salurkan KUR

Pramdia Arhando Julianto
Kompas.com - 27/02/2017, 07:30 WIB
shutterstock ILUSTRASI

JAKARTA, KOMPAS.com - Satu koperasi simpan pinjam yaitu Kospin Jasa yang telah mengantongi izin penyaluran Kredit Usaha Rakyat ( KUR) akan mulai menyalurkan KUR kepada pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) pada Maret 2017.

Ketua Umum Kospin Jasa Andy Arslan Djunaid mengharapkan, target penyaluran KUR pada bulan Maret mendatang tidak meleset.

Sebab, pihaknya selaku manajemen telah memiliki sistim yanh memenuhi syarat untuk menyalurkan KUR.

"Kami siap karena sehari-hari kami menyalurkan pinjaman kepada UKM juga. Jadi pada prinsifnya ini tidak terlalu asing, ini sudah kita jalankan bertahun-tahun," ujar Andy melalui keterangan resmi, Senin (27/2/2017).

Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga mengatakan, saat ini baru satu koperasi yakni Kospin Jasa yang telah memenuhi syarat sebagai penyalur KUR.

"Satu-satunya koperasi penyalur KUR di Indonesia hanyalah Kospin Jasa," tegas Menkop.

Menurut Puspayoga tidak banyak koperasi di tanah air yang bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Berdasarkan data Kemenkop ada sekitar 209.000 koperasi, 62.000 diantaranya terpaksa dibubarkan karena dinyatakan tidak aktif.

"Kospin Jasa sudah ikut menjadi penyalur KUR. Itu artinya dia sehat, omzetnya tinggi, IT-nya bagus. Ini contoh koperasi yang kami harapkan," tandasnya.

Dia menjelaskan, pemerintah membutuhkan waktu tiga bulan untuk menyiapkan Kospin Jasa sebagai penyalur KUR.

"Saat ini tinggal menunggu penyelesaian Sistem Informasi Kredit Program (SIKP). Ditargetkan bulan depan, Kospin Jasa resmi salurkan KUR," pungkas Menkop.

Berdasarkan catatan Kemenkop, hingga Februari 2017, Kospin Jasa telah memiliki aset lebih dari Rp 7 triliun, dengan 133 kantor cabang di berbagai daerah.

Kompas TV Pemerintah Tambah 10 Bank Penyalur KUR

PenulisPramdia Arhando Julianto
EditorAprillia Ika
Komentar