Menperin: Kebutuhan Tenaga Kerja Industri Semakin Meningkat - Kompas.com

Menperin: Kebutuhan Tenaga Kerja Industri Semakin Meningkat

Pramdia Arhando Julianto
Kompas.com - 01/03/2017, 10:00 WIB
Iwan Supriyatna/KOMPAS.com Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto membahas gas industri di Kantor Redaksi Kompas, Senin (24/10/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian ( Menperin) Airlangga Hartarto menyampaikan, kebutuhan akan sumber daya manusia pada sektor industri semakin besar dan diperlukan langkah antisipasi bagi pemerintah.

"Diperlukan berbagai program strategis untuk memastikan bahwa industri di Indonesia akan makin menyerap tenaga kerja lokal," ujarnya melalui keterangan resmi kepada Kompas.com, Rabu (1/3/2017).

Salah satunya melalui peluncuran program pendidikan vokasi. 

Program ini sejalan dengan Instruksi Presiden Nomor 9 tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.

Dalam Inpres tersebut, tugas Kemenperin, antara lain memfasilitasi program praktek kerja lapangan dan pemagangan industri.

“Atas dasar penugasan itu, kami telah menindaklanjuti melalui penandatanganan Nota Kesepahaman antara lima menteri tentang Pengembangan Pendidikan Kejuruan dan Vokasi berbasis Kompetensi yang link and match dengan industri,” papar Airlangga.

Dengan itu, lanjut Menperin, pihaknya akan melakukan penyelarasan kurikulum pendidikan sesuai dengan kebutuhan industri serta penyediaan workshop, laboratorium dan teaching factory untuk praktek kerja industri bagi siswa dan magang industri bagi guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Kemudian, penyediaan instruktur dan transfer pengetahuan dari industri, pembangunan infrastruktur kompetensi di SMK, serta pemberian sertifikat dari perusahaan industri kepada siswa SMK.

Sebagai informasi, dalam tahap program pendidikan vokasi, pada telah dilakukan pemberian bantuan peralatan praktek kepada SMK dari beberapa perusahaan industri, yaitu PT Petrokimia Gresik, PT Astra Honda Motor, PT Semen Gresik, PT Garudafood, PT Astra Daihatsu Motor, dan PT Barata Indonesia.

Menperin optimistis target satu juta SDM yang dididik sampai dengan 2019 akan tercapai.

Kompas TV Mau sehebat kepala sekolah wanita Kombes Dede Rahayu? Tapi, sebelumnya lihat dulu bagaimana sekolah polisi wanita bersama jurnalis Kompas TV, Dyan Nugraha.

PenulisPramdia Arhando Julianto
EditorAprillia Ika
Komentar