Di 2017 Pegadaian Targetkan Peroleh Laba Bersih Rp 2,5 Triliun - Kompas.com

Di 2017 Pegadaian Targetkan Peroleh Laba Bersih Rp 2,5 Triliun

Iwan Supriyatna
Kompas.com - 02/03/2017, 19:14 WIB
Kompas.com/Desi Safnita Saifan Pegadaian Syariah Bireuen, selama ramadhan melayani banyak nasabah yang ingin menggadaikan barangnya dalam bentuk emas. DESI

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pegadaian (Persero) menargetkan dapat memperoleh laba bersih sebesar Rp 2,5 triliun di akhir 2017. Target tersebut hanya naik tipis jika dibandingkan dengan perolehan laba bersih di akhir 2016 sebesar Rp 2,2 triliun.

Direktur Keuangan Pegadaian, Dwi Agus Pramudya mengatakan, pihaknya memang tidak memasang target yang tinggi, karena pihaknya memprediksi sepanjang 2017 tingkat bunga yang akan diperoleh perseroan tidak terlalu besar.

"Ini karena kita antisipasi tingkat bunga yang rendah yang akan terjadi di tahun ini,‎" kata Agus di Jakarta, Kamis (2/3/2017).

‎Agus menambahkan, perolehan laba bersih perseroan berasal dari penyaluran pinjaman ke masyarakat, jika tingkat bunga rendah maka secara otomatis tidak akan memberikan keuntungan yang signifikan ke perseroan.

Terkait penyaluran pinjaman, perseroan telah menyalurkan pinjaman sebesar Rp 35,5 triliun di 2016 atau mengalami peningkatan sebesar 14,5 persen bila dibandingkan penyaluran pinjaman tahun sebelumnya sebesar Rp 31 triliun.

Untuk bisa menyalurkan pinjaman ke masyarakat, perseroan memperoleh pinjaman dari lembaga keuangan, perbankan maupun pasar modal. Total pinjaman yang diterima perseroan dari lembaga keuangan sebesar Rp 26,8 triliun, perbankan Rp 21 triliun dan obligasi Rp 6,8 triliun.

"Itu semua untuk mendanai pinjaman kita tadi," tutur Agus.

Sementara untuk target di 2017, Perseroan menargetkan dapat menyalurkan pinjaman sebesar Rp 40,5 triliun. "Aset paling besar itu pinjaman," pungkas Agus.

Kompas TV Permintaan Kredit Naik 3 Kali Lipat

PenulisIwan Supriyatna
EditorAprillia Ika

Komentar