Menkop Sebut Rasio Wirausaha Terus Meningkat - Kompas.com

Menkop Sebut Rasio Wirausaha Terus Meningkat

Achmad Fauzi
Kompas.com - 11/03/2017, 19:12 WIB
KOMPAS.com/ PRAMDIA ARHANDO JULIANTO Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) AAGN Puspayoga.

BOGOR, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga menyebut pertumbuhan wirausaha di Indonesia semakin meningkat. 

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2016, rasio wirausaha di Indonesia sebesar 3,10 persen dari jumlah penduduk sebanyak 225 juta orang.

"Dulu rasio wirausaha hanya 1,67 persen. Sekarang sudah di atas rata-rata. Ini merupakan sebuah perjalanan panjang yang dilakukan seluruh masyarakat Indonesia," ujarnya Puspayoga dalam ajang penganugerahan Wirausaha Muda Mandiri 2016 di Bogor, Sabtu (10/3/2017).

Meski meningkat, kata dia, jumlah pertumbuhan wirausaha di Indonesia masih kalah dari negara tetangga, seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand. Singapura misalnya, rasio wirausahanya sebesar 7 persen dari jumlah penduduknya.

"Wirausaha kita masih jauh di bawah tetangga kita. Rasio Malaysia 5 persen, Thailand 4 persen," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya akan terus meningkatkan jumlah wirausaha. Dengan cara memberikan akses permodalan kepada masyarakat seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Selain itu, pemerintah juga menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan, seperti Bank Mandiri yang mempunyai program tanggung jawab sosial perusahaan (Corporare Social Responsiblity/CSR) dengan memberikan pelatihan kepada wirausaha muda.

Dia menargetkan jumlah wirausaha di Indonesi bisa mencapai 4 persen pada tahun 2018.

"Masyarakat kini harus memanfaatkan skema pembiayaan yang disediakan pemerintah. Di Kemenkop ada LPDB, bunganya sebulan untuk kopera 0,3 persen, sektor riil 0,2 persen itu jauh dibawah KUR," tandasnya. 

PenulisAchmad Fauzi
EditorBambang Priyo Jatmiko
Komentar