Sumut Bahas Kerja Sama EBT dengan Provinsi Jeju - Kompas.com

Sumut Bahas Kerja Sama EBT dengan Provinsi Jeju

Kontributor Medan, Mei Leandha
Kompas.com - 21/03/2017, 10:30 WIB
KOMPAS.com/MEI LEANDHA Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi bersama Gubernur Provinsi Jeju Won Hee Ryong, keduanya akan melakukan kerja sama antar pulau, Senin (20/3/2017)

MEDAN, KOMPAS.com - Gubernur Sumatera Utara ( Sumut) Tengku Erry Nuradi menyatakan akan bergabung dengan organisasi internasional yang mengelola kepulauan ramah lingkungan yang dipimpin Korea Selatan.

Hal itu dipaparkan Gubernur Erry usai menjadi pembicara dalam pertemuan internasional tentang lingkungan hidup di Korea Selatan, Senin (20/3/2017).

Tak hanya itu, Gubernur yang didampingi Ketua Komite 2 DPD RI Parlindungan Purba dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumut Hidayati menemui Gubernur Provinsi Jeju Won Hee Ryong, untuk menjalin kerja sama bidang energi baru dan terbarukan ( EBT) yang ramah lingkungan antarpulau di kedua provinsi.

Pemerintah Sumut merasa memiliki kesamaan dengan pulau Jeju di Korea Selatan karena punya pulau Samosir di Danau Toba dan Kepulauan Nias.

Gubernur Erry bilang, pemerintahannya akan berperan aktif mewujudkan kebijakan energi ramah lingkungan di kedua pulau tersebut untuk menarik wisatawan sambil melestarikan lingkungan hidup.

‘’Kita punya rencana membangun pembangkit listrik tenaga surya terapung di perairan Danau Toba yang ramah lingkungan karena danau ini telah ditetapkan sebagai wisata dunia dan juga geopark Unesco,’’ kata Erry, Selasa (21/3/2017).

Dia berharap, Korea Selatan tidak hanya akan membangun pembangkit listrik ramah lingkungan, namun ikut berperan membangun bidang pariwisata, pendidikan untuk mencetak SDM yang berkualitas dan mampu di bidang-bidang lainnya.

Won Hee Ryong menyebutkan, Provinsi Jeju adalah adalah pulau terbesar di Korea dan terletak di sebelah selatan Semenanjung Korea.

Pulau Jeju adalah satu-satunya provinsi berotonomi khusus Korea Selatan yang terbaik di dunia dalam mewujudkan pulau bebas karbon, diwujudkan dalam penataan energi transportasi dan kelistrikan yang ramah lingkungan.

Di Jeju, kendaraan bermotor khusus sedan sudah mencapai 50 persen dari total mobil elektrik se-Korea. Provinsi ini juga terdaftar dalam goepark Unesco.

"Kami sepakat dengan kerja sama EBT ini, kami akan melakukan berbagai riset untuk menindaklanjuti kerja sama EBT antara kedua provinsi ini," ucap Won Hee Ryong.

PenulisKontributor Medan, Mei Leandha
EditorAprillia Ika

Komentar