Banyak yang Lapor SPT, Server Ditjen Pajak Sempat "Down" 1 Jam - Kompas.com

Banyak yang Lapor SPT, Server Ditjen Pajak Sempat "Down" 1 Jam

Estu Suryowati
Kompas.com - 27/03/2017, 10:52 WIB
KOMPAS / TOTOK WIJAYANTO Pegawai pajak meneliti kebenaran isi laporan surat pemberitahuan tahunan (SPT) wajib pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta, Pasar Minggu, Kamis (21/4/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Wajib pajak (WP) yang akan melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak secara online di pagi awal pekan ini, Senin (27/3/2017) sempat kecewa, karena server down selama sekitar satu jam.

Dari pantauan Kompas.com di KPP Pratama Tanjung Priok, server Ditjen Pajak sempat down pada pukul 09.45 hingga 10.45.

Menurut petugas KPP Pratama Tanjung Priok, Syifa, kejadian server down ini tidak hanya terjadi di tempatnya bertugas, melainkan seluruh nasional. Kemungkinan terbesar adalah dikarenakan banyak orang yang mengakses dalam waktu bersamaan.

"Kemarin-kemarin enggak down. Mungkin karena hari ini banyak yang mengakses bersamaan," kata Syifa.

Sementara itu, Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP Kementerian Keuangan, Hestu Yoga Saksama membenarkan server DJP sempat down. "Iya, tapi cuma sebentar," kata Hestu.

Seorang wajib pajak yang akan melaporkan SPT mengeluhkan kejadian server Ditjen Pajak yang down pada pagi ini.

"Sudah menunggu lama, eh.. sampai sini malah server down..," kata salah seorang wajib pajak di KPP Pratama Tanjung Priok.

KPP Pratama Tanjung Priok melayani WP mulai dari jam 08.00 wib. Dari keterangan petugas di KPP Pratama tersebut, hingga hari ini jumlah WP yang sudah melaporkan SPT Tahunan Pajak mencapai 7.800 orang.

Sementara itu, jumlah pemohon e-fin baru mencapai 1.349 akun, dan aktivasi e-fin sebanyak 567 akun.

PenulisEstu Suryowati
EditorBambang Priyo Jatmiko
Komentar