Mochtar Riady: "E-Commerce" Bisa Berperan untuk Pengentasan Kemiskinan - Kompas.com

Mochtar Riady: "E-Commerce" Bisa Berperan untuk Pengentasan Kemiskinan

Sakina Rakhma Diah Setiawan
Kompas.com - 03/04/2017, 15:07 WIB
KOMPAS/AGUS SUSANTO Chairman Lippo Group Mochtar Riady

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendiri dan CEO Lippo Group Mochtar Riady memang sudah tidak lagi muda. Di usianya yang sudah mencapai 88 tahun, Mochtar tetap antusias menyoroti berbagai fenomena dan perubahan yang terjadi di dunia bisnis saat ini.

Salah satu kondisi yang disoroti Mochtar adalah ekonomi di perdesaan serta banyaknya orang miskin di kawasan tersebut. Menurut salah satu orang terkaya di Indonesia tersebut, salah satu isu penting terkait perekonomian di perdesaan adalah perdagangan.

"Orang miskin di desa selalu beli barang ketimbang di kota, harus melalui berbagai middle man. Petani dan orang miskin harus jual barang dengan harga murah melalui penengah," kata Mochtar pada acara Indonesia Change Management Forum (ICMF) di Jakarta, Senin (3/4/2017).

Mochtar mengungkapkan, saat ini yang perlu dipikirkan adalah memperbaiki sistem perdagangan agar tidak terjadi kesenjangan.

Salah satu solusinya adalah memanfaatkan perdagangan berbasis elektronik atau e-commerce.

"Dengan e-commerce, penjual dan pembeli bisa langsung kontak. Sistem e-commerce sangat penting dalam pengentasan kemiskinan," jelas Mochtar.

Ia memberi contoh, melon terbaik di dunia saat ini tumbuh di provinsi Xinjiang di bagian utara China dan masyarakat yang berada di kota-kota seperti Shenzhen atau Hongkong membutuhkan waktu untuk menuju Xinjiang guna membeli melon itu.

Namun dengan perdagangan melalui teknologi, hanya dalam 12 jam, melon tersebut bisa sampai ke Shenzhen atau Hongkong.

"Sekarang di China mengubah fenomena perdagangan, sehingga membuat orang-orang desa dan petani bisa menikmati perkembangan pertumbuhan ekonomi," ujar Mochtar.

PenulisSakina Rakhma Diah Setiawan
EditorBambang Priyo Jatmiko
Komentar
Close Ads X