Dapat Bantuan Kapal, Nelayan di Sebatik Bisa Melaut Ke Ambalat - Kompas.com

Dapat Bantuan Kapal, Nelayan di Sebatik Bisa Melaut Ke Ambalat

Kontributor Nunukan, Sukoco
Kompas.com - 18/04/2017, 12:53 WIB
KOMPAS/GREGORIUS MAGNUS FINESSO Ilustrasi nelayan

NUNUKAN, KOMPAS.comNelayan di wilayah perbatasan Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara dipastikan akan lebih sering mencari ikan di perairan Ambalat.

Itu dilakukan setelah mendapat bantuan delapan unit kapal penangkap ikan dengan tonase 10 gross ton (GT) dari Kementrian Kelautan dan Perikanan.

Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil Dinas Kelautan dan perikanan Kabupaten Nunukan Usman Hasan mengatakan, selama ini nelayan di Kabupaten Nunukan hanya mampu mencari ikan di perairan dangkal karena hanya menggunakan perahu kecil.

"Selama ini nelayan kita nangkapnya paling 4 mil ke bawah, nanti dengan adanya 10 GT ini bisa 4 mil ke atas sampai ke Ambalat sana,” ujarnya Selasa (18/04/2017).

Usman Hasan menambahkan, delapan kapan tersebut nantinya akan di kelola oleh 6 koperasi nelayan yang ada di Nunukan maupun Kecamatan Sebatik. Bantuan kapal untuk nelayan di Sebatik juga akan dilengkapi dengan peralatan tangkap ikan yang ramah lingkungan.

"Saat ini masih ke 8 kapal masih dalam perjalanan mungkin hari Sabtu besok baru sampai disini," imbuhnya.

Selain menerima bantuan kapal dari Kementrian Kelautan dan Perikanan, sebanyak 900 nelayan di Kabupaten Nunukan juga menerima bantuan asuransi nelayan.

Data Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Nunukan mencatat sebanyak 3000 warga berprofesi sebagai nelayan. Dengan adanya asuransi tersebut nelayan di Nunukan akan menerima santunan ketika mengalami kecelakaan di laut.

PenulisKontributor Nunukan, Sukoco
EditorBambang Priyo Jatmiko
Komentar
Close Ads X