12,7 Juta Hektar Lahan Kehutanan untuk Dikelola Petani Miskin - Kompas.com

12,7 Juta Hektar Lahan Kehutanan untuk Dikelola Petani Miskin

Yoga Sukmana
Kompas.com - 22/04/2017, 20:29 WIB
KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution menjadi pembicara saat acara Kompas 100 CEO Forum di Jakarta Convention Center, Kamis (24/11/2016). Para CEO yang tercatat dalam indeks Kompas 100 berkumpul dan berdiskusi dalam Kompas 100 CEO Forum.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah sedang menyiapkan 12,7 juta hektar lahan hutan untuk dijadikan perhutanan sosial. Nantinya para petani miskin bisa memanfaatkan tanah tersebut untuk dikelola secara berkelompok.

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, sebagian lahan perhutanan sosial itu berada di Jawa, dan hingga saat ini sudah ada 2 juta hektar lahan yang tersedia.

"Nanti kami lihat harus ada aturan main yang betul," ujar Darmin usai acara Kongres Ekonomi Umat di Jakarta, Sabtu (22/4/2017).

Namun ia mengatakan, meski 12,7 juta hektar digarap, bukan berarti kepemilikan lahannya akan dilepas kepada petani. Petani hanya diberikan konsesi untuk mengelola lahan itu dengan batas waktu tertentu. Bila berhasil, izin pengelolaan lahannya bisa diperpanjang.

"Harus ada pengawasan dan orang yang membeli (hasil produksi) kan. Repot lagi nanti kalau harganya jatuh," kata Darmin.

Tetapi ia menegaskan, 12,7 juta hektar lahan itu berbeda dengan tanah untuk reforma agraria. Khusus untuk reforma agraria, lahan yang disediakan dan akan berikan kepada petani 9 juta hektar.

PenulisYoga Sukmana
EditorM Fajar Marta
Komentar