Genjot Infrastruktur, Trump Tiru Australia - Kompas.com

Genjot Infrastruktur, Trump Tiru Australia

Sakina Rakhma Diah Setiawan
Kompas.com - 26/04/2017, 07:55 WIB
JIM WATSON / AFP Presiden AS, Donald Trump.

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump menganggarkan 1 triliun dollar AS untuk program pengembangan infrastruktur. Dalam menjalankan programnya itu, Trump memilih Australia sebagai contoh.

Pimpinan Gugus Tugas Infrastruktur Gedung Putih Steven Roth menyatakan, pemerintahan Trump mencermati model yang diterapkan Australia dalam pembiayaan proyek infrastruktur seperti jalan raya, jembatan, dan proyek publik lainnya.

Negara tetangga Indonesia itu bergantung pada kemitraan swasta-pemerintah (PPP) untuk perbaikan infrastruktur.

"Semangatnya adalah pemerintah memasang target dan (sifatnya) birokratis. Sementara itu, sektor swasta lebih memiliki semangat wirausaha dan efisien," kata Roth seperti dikutip dari Bloomberg, Selasa (25/4/2017).

Sementara itu, Menteri Transportasi AS Elaine Chao menyatakan pemerintahan Trump tinggal selangkah lagi dalam menyelesaikan paket legislatif untuk mendorong program infrastruktur. Paket itu akan selesai dalam beberapa bulan.

"Rencana ini akan bergantung pada pembiayaan pemerintah dan kerja sama swasta dan pemerintah. Pembiayaan juga bisa berasal dari repatriasi pendapatan dari luar negeri yang direncanakan dalam legislasi pajak yang akan diluncurkan," jelas Chao.

PenulisSakina Rakhma Diah Setiawan
EditorBambang Priyo Jatmiko
SumberBloomberg
Komentar