Tips Mengatasi Uang Agar Tak Merusak Hubungan Suami Istri - Kompas.com

Tips Mengatasi Uang Agar Tak Merusak Hubungan Suami Istri

Kompas.com - 06/05/2017, 09:00 WIB
Thinkstockphotos Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki banyak uang tentunya merupakan keinginan dari setiap orang. Dengan memiliki uang terkadang orang merasa bisa melakukan dan mendapatkan hal apapun yang diinginkannya. Namun siapa sangka, keberadaan uang juga dapat menyebabkan timbulnya beragam masalah.

Bagi Anda yang sudah menikah, tentunya keuangan menjadi hal yang dapat mempengaruhi keharmonisan rumah tangga. Bila tidak diperhatikan dengan benar, bisa saja uang malah menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan Anda dan pasangan.

Lalu bagaimana cara mengatasi uang agar tidak dapat merusak hubungan suami istri? Berikut ini penjelasannya. 

1. Saling terbuka satu sama lainnya

Hal penting yang utama sebagai kunci sukses mengatur keuangan dalam rumah tangga adalah saling percaya satu sama lainnya.

Sebaiknya sebelum menikah, alangkah baiknya jika berbicara jujur satu sama lainnya mengenai masalah keuangan satu sama lain mulai dari pemasukan, pengeluaran, utang atau pinjaman, dan hal-hal lainnya yang dapat mempengaruhi masa depan kehidupan rumah tangga.

Hal ini harus dilakukan sejak awal sebagai langkah pertama untuk mengelola keuangan rumah tangga dengan baik kedepannya.

2. Mendiskusikan tentang pengeluaran rumah tangga

Hal selanjutnya yang perlu Anda dan pasangan lakukan adalah mendiskusikan mengenai pengeluaran-pengeluaran dalam rumah tangga setiap waktunya.

Karena sudah menikah, tentunya pengeluaran akan bertambah. Untuk itu, diskusikanlah dengan jelas bersama pasangan pengeluaran apa yang harus dikeluarkan dengan pemasukan yang ada.

Setiap pengeluaran uang yang digunakan haruslah dibicarakan dulu dengan pasangan. Hal ini akan mengurangi timbulnya kesalahpahaman serta menghormati pendapat dari pasangan.

Meskipun terkadang tentu ada perbedaan pendapat, namun hal tersebut bukanlah sesuatu yang buruk. Sekecil mungkin pengeluaran sebaiknya dibicarakan dengan pasangan. Dengan menerapkan ini dari awal, tentunya akan mengurangi risiko buruk yang dapat merusak hubungan Anda dengan pasangan.

3. Berbagi Tanggung Jawab

Ketika masih sendiri tentunya Anda lah yang bertanggung jawab atas keuangan yang dimiliki. Namun ketika sudah menikah, tentu kondisinya akan berbeda.

Ketika menikah tentunya Anda dan pasangan harus berkomitmen bersama untuk memikul semua tanggung jawab dalam pernikahan. Banyak pasangan yang menikah membuka rekening yang digunakan bersama.

Jika berencana melakukan hal ini tentunya Anda dan pasangan harus dapat berbagi tanggung jawab masing-masing. Misalnya saja, tanggung jawab dalam pembayaran tagihan bulanan, tabungan, dan lainnya.

Hubungan yang sukses tidak hanya jika satu orang saja yang mengurus segala hal-hal keuangan yang Anda melainkan saling bekerja sama untuk menanggung tanggung jawab yang ada.

4. Hidup Sesuai Dengan Kemampuan

Hal lainnya yang perlu Anda dan pasangan lakukan adalah bergaya hidup sesuai dengan kemampuan keuangan rumah tangga, bahkan cobalah untuk hidup di bawah kemampuan.

Misalnya saja jika Anda mampu untuk membeli rumah dengan harga 1 milliar, namun belum tentu rumah tersebut yang terbaik untuk keuangan rumah tangga Anda.

Akan lebih baik jika Anda membeli rumah yang harganya di bawah kemampuan Anda dan pasangan. Dengan begitu sisa keuangan bisa dimasukkan ke dalam tabungan yang lebih bermanfaat kedepannya.

5. Memiliki Tujuan Yang Sama

Kehidupan rumah tangga yang sukses adalah jika Anda dan pasangan memiliki tujuan yang sama. Meskipun tentunya terdapat perbedaan antara Anda dan pasangan dalam mengelola keuangan namun setidaknya Anda memiliki tujuan keuangan yang sama.

Misalnya saja, Anda dan pasangan sama-sama memiliki tujuan untuk memiliki rumah, tabungan pendidikan, kesehatan, pensiun dan lainnya. Jika Anda dan pasangan memiliki tujuan yang sama tentunya akan mempermudah untuk mencapai tujuan tersebut.

6. Bersenang-senang bersama

Tentunya setiap kehidupan rumah tangga ada saja masalah yang harus dihadapi, bahkan kadangkala hal tersebut dapat membuat Anda dan pasangan dalam titik jenuh.

Untuk menghindari hal-hal yang buruk terjadi, akan lebih baik jika Anda mencari hiburan atau kesenangan yang dapat membuat kepenatan menghilang. Namun alangkah lebih baik jika Anda berbagi kebahagiaan dengan pasangan.

Diskusi Bersama Merupakan Kunci Sukses Keuangan Rumah Tangga

Hal yang paling penting yang Anda dan pasangan perlu tanamkan dalam diri masing-masing adalah untuk selalu terbuka dan berdiskusi terkait masalah apapun yang bersangkutan dengan keuangan rumah tangga.

Bersikap terbuka dan jujur satu sama lainnya merupakan kunci sukses keuangan rumah tangga yang berpengaruh pada keharmonisan rumah tangga.

EditorAprillia Ika
Komentar