8 Strategi Menjadi "SILUMAN" Sejati (bagian 6) - Kompas.com

8 Strategi Menjadi "SILUMAN" Sejati (bagian 6)

Jazak Yus Afriansyah
Kompas.com - 15/05/2017, 11:10 WIB
THINKSTOCKPHOTOS Ilustrasi

Benarkah setiap orang dan perusahaan bisa selalu beruntung? Adakah cara yang membuat perusahaan senantiasa maju pesat dan terus bertumbuh?

Jawabannya adalah sangat bisa! Pasti setiap orang dan semua perusahaan bisa selalu beruntung! Termasuk Anda dan perusahaan yang Anda pimpin!

SILUMAN mengandung 8 Inspirasi dan Motivasi yang dikemas sebagai Strategi untuk meraih keberuntungan Karir dan Bisnis secara bersamaan. Pada edisi sebelumnya telah disajikan Strategi keempat yaitu strategi STS, singkatan dari seeing and to be seen.

Berikut adalah Strategi beruntung dengan ber-FOCUS. Lantas apa yang dimaksud dengan FOCUS?

FOCUS pada dasarnya terdiri dari beberapa tahap yang terbukti dan teruji mujarab secara empiris untuk membantu perusahaan yang Anda pimpin dan karir yang Anda bangun terus beruntung secara paripurna, dan FOCUS mengandung 5 tahapan, yaitu:

F untuk Framming the Goals atau gambarkan secara jelas apa mimpi dan cita-cita kita, dalam Bahasa Pengembangan Diri ini yang sering disebut dengan teknik Visualisasi. Upayakan apa yang ingin kita raih bisa kita gambarkan sedetil mungkin, bisa juga digunakan kaidah SMART.

Fakta menunjukkan mereka yang memiliki gambaran tujuan atau goals yang jelas, memiliki kemungkinan yang tinggi berhasil mencapainya, bahkan dalam beberapa best practice mereka mendapatkannya lebih cepat dan lebih hebat dari yang diharapkan.

Jadi mulai saat ini definisikan dengan lugas apa yang akan kita raih meliputi apa, kapan, dimana, berapa, bagaimana, dengan siapa, dan seperti apa? Jawaban atas pertanyaan ini akan membantu kita membuat Framing the Goals secara lebih jelas.

O untuk On Fire atau semangat yang membara untuk mencapai semua harapan yang ingin kita wujudkan. Setelah kita menemukan apa yang akan kita capai, langkah berikutnya temukan apa yang akan mendorong Anda secara kuat untuk mewujudkannya.

On Fire juga bermakna kita menggali motivasi dan inspirasi yang sesuai dan realistis, selalu ingat bahwa Motivasi adalah Faktor Kali, yang artinya apapun bilangannya jika dikalikan dengan nol maka pasti hasilnya juga nol.

Sehingga meskipun kita telah memiliki gambaran jelas mimpi yang akan kita wujudkan namun jika kita tidak memiliki motivasi yang memadai, maka hasilnya mimpi tersebut menjadi nol.

C untuk Consistency atau Continuity yang berarti konsisten secara terus menerus berikhtiar mencapai tujuan. Satu atau dua kali upaya kita tidak akan langsung mencapai hasil yang kita inginkan, diperlukan beberapa kali upaya terus menerus untuk mencapai hasil, oleh sebab itu langkah ketiga ini sangat penting.

Teruslah mencoba dan berupaya sampai kita ada pada titik berhasil, selalu ingat bahwa 1 keberhasilan umumnya terdiri dari kumpulan beberapa kegagalan, dan hakikatnya kegagalan itulah bahan bakar keberhasilan, jadi jangan mimpi berhasil mewujudkan mimpi tanpa pernah mengumpulkan bahan bakarnya!

Sebagai contoh klasik, Kolonel Sanders gagal sebanyak 1.008 kali dalam upayanya mewujudkan keberuntungan KFC sebagai gerai Ayam Goreng terlaris di dunia, sedangkan Thomas Alva Edison gagal 10.000 sekian kali dalam mewujudkan mimpinya membuat bohlam lampu listrik menyala.

Nelson Mandela dipenjara selama 27 tahun dalam perjuangannya mewujudkan mimpi untuk Demokrasi.

U untuk Utilize the resource yaitu bagaimana kita mampu untuk memanfaatkan semua sumber daya yang Anda miliki untuk meraih mimpi. Dan sumber daya yang paling penting adalah diri kita sendiri, maksimalkan pengetahuan, keahlian serta sikap mental positif untuk melakukan 3 tahap di atas.

Sumber daya berikutnya yang saat ini terbukti berdampak dahsyat adalah jejaring atau network, Anda bisa memberdayakan jejaring yang Anda miliki dengan memaksimalkan Social Media, saat ini telah banyak bertebaran tips parktis bagaimana cara yang cerdas mengoperasikan Social Media, untuk menyokong kita mewujudkan impian.

S untuk Stand Strong yang bermakna tetap kuat berdiri di jalur upaya yang telah ditetapkan untuk mencapai sukses. Saat Anda dan saya berupaya maksimal melaksanakan 4 tahapan di atas, saya pastikan Anda akan menerima Badai CRAP yang berpotensi melemahkan semangat kita meraih dan mewujudkan mimpi.

Apakah Badai CRAP itu? Mengacu pada edisi sebelumnya Badari CRAP adalah singkatan dari Criticism atau kritik, Rejection atau penolakan, Assholes atau ejekan dan Pressure atau tekanan.

Iingatlah bahwa orang-orang hebat yang telah sukses mewujudkan keberuntungannya, semuanya merasakan sentuhan Badai CRAP ini.

Sehingga tidak berdosa kiranya, Anda dan Tim yang Anda pimpin mulai mengaplikasikan Strategi FOCUS ini.

Selamat Berbisnis dan Sukses Selalu untuk Anda!

EditorBambang Priyo Jatmiko
Komentar