Sri Mulyani: Ada Dua Berita Gembira untuk Indonesia - Kompas.com

Sri Mulyani: Ada Dua Berita Gembira untuk Indonesia

Sakina Rakhma Diah Setiawan
Kompas.com - 20/05/2017, 11:45 WIB
Dok. Facebook Tulisan Sri Mulyani dalam akun Facebook-nya

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menulis sebuah surat yang ditujukan bagi seluruh jajaran Kementerian Keuangan.

Menurut Sri Mulyani, ada dua berita gembira untuk Indonesia. Tulisan tersebut diunggah Sri Mulyani pada akun media sosialnya, yakni Facebook dan Instagram, Jumat (19/5/2017).

Tulisan itu merupakan tulisan tangan Sri Mulyani sendiri. Berita gembira pertama adalah pertama kali sejak Republik Indonesia menyusun laporan keuangan dan pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 12 tahun lalu, pemerintah memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Berita gembira kedua adalah Indonesia memperoleh peningkatan rating menjadi investment grade oleh Standard & Poor's, kenaikan pertama sejak 2011.

"Prestasi baik ini adalah hasil kerja keras, ketekunan, ketelitian, dedikasi, dan kesetiaan Anda semua untuk membangun Indonesia lebih baik. LUAR BIASA!!" tulis Sri Mulyani.

Menurut Sri Mulyani, perjalanan yang dimulai pada 12 tahun lalu, yakni tahun 2004 dengan mulai menyusun rencana dan laporan keuangan pemerintah pusat dan cash basis menuju sistem accrual adalah pekerjaan tidak mudah.

Namun, pada akhirnya opini WTP berhasil diraih. Sri Mulyani mengajak jajarannya menggunakan capaian ini untuk terus menjaga, mengelola, membangun, dan mempertanggungjawabkan keuangan negara dengan semakin baik. Keuangan negara, kata dia, adalah milik rakyat, dari rakyat, dan sudah seharusnya hanya untuk rakyat.

"Untuk membangun kesejahteraan rakyat secara adil, menjadi pengelola dan penjaga keuangan negara yang amanah, profesional, kompeten, dan akuntabel adalah suatu kewajiban dan pengabdian yang sangat membanggakan, suatu kebahagiaan yang tidak terbeli," jelas Sri Mulyani.

Ia juga meminta jajarannya untuk menjaga sikap pengabdian dan amanah, sesuai semangat Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati pada hari ini, Sabtu (20/5/2017).

Sri Mulyani juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo atas dukungannya kepada Kemenkeu untuk pengelolaan keuangan negara yang bersih dan akuntabel.

Terima kasih juga diucapkan Sri Mulyani kepada BPK yang telah menjadi mitra andal dalam membangun keuangan negara yang bertanggung jawab dan transparan.

"Juga untuk DPR RI yang menjalankan hak budget untuk kesejahteraan rakyat," ujar Sri Mulyani.

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia ini menyatakan kepada jajaran Kemenkeu bahwa perjalanan untuk membangun Indonesia yang adil, beradab, dan sejahtera serta bermartabat akan terasa ringan apabila bersatu dan bekerja sama dalam kebaikan dan kemajuan.

"Mari kita bangun jiwanya, bangun badannya, untuk INDONESIA RAYA," tulis Sri Mulyani.

PenulisSakina Rakhma Diah Setiawan
EditorAprillia Ika
Komentar