PNM Gandeng BNI Kelola Gaji Ribuan Karyawan - Kompas.com

PNM Gandeng BNI Kelola Gaji Ribuan Karyawan

Kompas.com - 06/06/2017, 14:00 WIB
KONTAN Layanan UlaMM PNM

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM menggandeng PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk ( BNI) untuk menjadi bank umum yang mengelola keuangan para karyawannya, termasuk dalam mengelola pembayaran dan pengelolaan gaji sekitar 5.000 karyawan serta belasan ribu karyawan perusahaan anak PNM.

BNI juga menyiapkan berbagai produk pinjaman konsumer yang cocok untuk para karyawan PNM, mulai dari kredit kepemilikan rumah, kredit multiguna, kredit tanpa agunan hingga kartu kredit.

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara BNI dengan PNM ini dilaksanakan di Jakarta, Selasa (6 Juni 2017). Hadir pada kesempatan tersebut Direktur Utama PNM Parman Nataatmadja, Direktur Perencanaan dan Operasional BNI Bob Tyasika Ananta, serta Direktur Bisnis 2 BNI Life Intan Abdams Katoppo.

Bob Tyasika Ananta mengungkapkan, ruang lingkup yang tercakup dalam perjanjian kerja sama ini adalah penyediaan layanan pembayaran Gaji (Payroll) dan penyaluran penghasilan karyawan PNM, penyaluran fasilitas kredit konsumer kepada Karyawan PNM, serta penerbitan dan pengelolaan rekening BNI Taplus kepada Karyawan PNM.

Kerja sama ini merupakan salah satu bentuk nyata sinergi antar BUMN yang dilakukan oleh kedua belah pihak. Melalui kerja sama ini, kedua BUMN tersebut dapat mengembangkan kinerjanya, antara lain melalui peningkatan kinerja sumber daya manusia PNM dan pengembangan basis nasabah bagi BNI.

Sebelumnya, BNI dan PNM telah bekerjasama secara erat dalam menyalurkan pembiayaan bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dengan demikian, kerja sama yang dilaksanakan hari ini, merupakan penguatan kerja sama yang telah dijalin sejak lama antara kedua BUMN.

Dukungan BNI terhadap PNM juga diberikan melalui perusahaan-perusahaan anak. Seperti penyediaan asuransi jiwa dan asuransi kecelakaan oleh BNI Life.
BNI juga menyiapkan layanan pinjaman khusus bagi pegawai PNM yang dapat dimanfaatkan untuk membiayai berbagai kebutuhan, antara lain BNI Griya untuk membiayai perumahan atau tempat tinggal.

Produk lainnya adalah BNI Multiguna yang dapat digunakan untuk membiayai berbagai kebutuhan karyawan PNM.

Kartu Multifungsi PNM

Kerja sama BNI dengan PNM juga dikembangkan untuk mengarah pada digitalisasi transaksi keuangan di lingkungan PNM.

Salah satunya adalah dengan menerbitkan Kartu Multifungsi yang dapat memberikan banyak manfaat, yaitu menjadi electronic money yang di BNI disebut sebagai produk BNI TapCash, kartu yang sama juga berfungsi sebagai kartu identitas karyawan.

Sebagai Uang Elektronik, kartu ID Karyawan tersebut dapat digunakan untuk transaksi kartu belanja, pembayaran tol, dan kartu parkir, selain itu juga dapat ditambahkan fungsi non financial seperti Absensi, Kartu Kesehatan, dan Kartu Akses.

Sekadar informasi, penerbitan kartu multifungsi ini sejalan dengan arahan dari Kementerian BUMN perihal implementasi penerbitan ID Card BUMN. Penggunaan Kartu ID Card - TapCash ini diharapkan mampu membantu karyawan PNM untuk bertransaksi dengan lebih mudah tanpa membawa uang tunai.

BNI sebagai partner keuangan dengan total financial solution, melihat nasabah bukan hanya dari kebutuhan keuangan saat ini saja melainkan dengan strategis melihat kebutuhan kedepan, sehingga BNI dapat memberikan solusi yang terintegrasi kepada seluruh kegiatan operasional PNM baik pengelolaan keuangan perusahaan maupun transaksi yang dilakukan karyawan.


EditorAprillia Ika

Komentar
Close Ads X