Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Kasus AJB Bumiputera Terulang, Edy Setiadi Akan Kembangkan Sistem Deteksi Dini

Kompas.com - 07/06/2017, 16:00 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Nonbank (IKNB) OJK, Edy Setiadi menjabarkan beberapa cara agar kasus AJB Bumiputera tak terulang.

Pernyataan itu ia sampaikan usai melakukan tes uji kelayakan dan kepatutan calon komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2017-2022 di Gedung DPR, Jakarta.

"Pertama tentunya dengan mengembangkan alat deteksi dini," ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (7/6/2017). Alat itu tutur dia, harus bisa mendeteksi kondisi perusahaan asuransi termasuk letak kerentanannya.

Nantinya OJK bisa menindaklanjuti deteksi dini dengan cara pengawasan yang lebih intens. Selain alat deteksi dini, hal lain yang perlu dicermati adalah permodalan perusahaan asuransi. "Konsep pengawasan juga nanti diperbaiki," kata Edy.

Seperti diketahui, Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera sempat menghadapi persoalan likuiditas keuangan. Salah satu penyebab utamanya adalah kesalahan investasi.

OJK lantas mengambil alih manajemen AJB Bumiputera sebagai upaya penyelamatan dengan cara merestrukturisasi internal perusahaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com