Mendag, Mentan, Gubernur DKI Monitor Harga dan Pasokan Beras - Kompas.com

Mendag, Mentan, Gubernur DKI Monitor Harga dan Pasokan Beras

Pramdia Arhando Julianto
Kompas.com - 17/06/2017, 15:18 WIB
KOMPAS.com/PRAMDIA ARHANDO JULIANTO Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita bersama dengan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman, dan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat melalukan peninjauan ke Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) Jakarta Timur, Sabtu (17/6/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman, dan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat melalukan peninjauan ke Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC).

Peninjauan bertujuan untuk memastikan ketersediaan pasokan dan harga beras di PIBC. Mendag Enggartiasto mengatakan, dirinya bersama dengan Mentan mendapatkan tugas dari Presiden Joko Widodo untuk menjaga stabilitas baik harga dan pasokan bahan-bahan pokok saat Ramadhan dan Idul Fitri 2017.

"Kami berdua dapat perintah dari Bapak Presiden untuk menyediakan bahan pokok dengan harga yang terjangkau dan menjaga stabilitas harga dan pasokan pangan," ujar Mendag di PIBC, Jakarta Timur, Sabtu (17/6/2017).

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat melaporkan terkait kondisi stok beras di PIBC secara keseluruhan tersedia dan pergerakan harga berada dalam level stabil.

"Stok beras per hari ini ada 39.767 ton, batas aman stok harus ada 30.000 ton, Food Station (PIBC) aman," ujar Djarot.

Djarot menambahkan, pergerakan harga beras maupun bahan pokok pada bulan Ramadhan kali ini relatif stabil jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Saya sampaikan Alhamdulillah harga bahan pokok relatif stabil dan ini tidak terjadi seperti tahun lalu. Ini berkat kerja sama kementerian, pemerintah daerah, dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)," tehas Djarot.

Sementara itu, berdasarkan Informasi Pangan Jakarta (IPJ) harga beras tipe IR 64 mencapai Rp 11.579 per kilogram, sedangkan tipe Muncul I Rp 11.029 per kilogram.

 

PenulisPramdia Arhando Julianto
EditorMuhammad Fajar Marta
Komentar