Menkeu Pastikan Gaji ke-13 untuk PNS Dibayar pada Juli 2017 - Kompas.com

Menkeu Pastikan Gaji ke-13 untuk PNS Dibayar pada Juli 2017

Sakina Rakhma Diah Setiawan
Kompas.com - 19/06/2017, 23:02 WIB
KOMPAS.com/YOGA SUKMANA Menteri Keuangan Sri Mulyani

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memastikan pihaknya telah siap untuk membayarkan tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 untuk pegawai negeri sipil ( PNS), TNI, Polri, pensiunan, dan pejabat negara. Mulai 15 Juni 2017 lalu, Satuan Kerja ( Satker) sudah bisa mengajukan fasilitas tersebut.

(Baca: Pekan Depan, Gaji ke-13 PNS dan Pensiunan Bisa Cair)

Adapun terkait pembayaran gaji ke-13, Sri menyatakan dapat dibayarkan mulai awal Juli 2017. Pembayaran gaji ke-13 diperkirakan selesai sepenuhnya pada akhir Juli 2017 mendatang.

"Ini akan sangat membantu bagi PNS yang punya putra dan putri yang sekolah, karena tahun ajaran baru," kata Sri pada acara buka puasa bersama media di Kantor Kementerian Keuangan, Senin (19/6/2017).

Untuk kelancaran pembayaran THR dan gaji ke-13, imbuh Sri, pihaknya telah menerbitkan empat buah aturan. Aturan itu yakni Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 74 Tahun 2017 yang merupakan perubahan atas PMK Nomor 16, PMK Nomor 75 Tahun 2017, dan PMK Nomor 76 Tahun 2017.

"Dengan PMK ini pembayaran THR dan gaji ke-13 dapat dibayarkan mulai awal Juli," ungkap mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perbendaraan Kementerian Keuangan Marwanto Harjowiryono mengungkapkan, basis pembayaran THR ada pada Satker. Kecepatan Satker dalam mengajukan THR akan menentukan pencairan.

"Semakin cepat mengajukan itu ya makin cepat cair. Sampai pukul 13.00 (Senin siang) itu sudah cair Rp 1,3 triliun," jelas Marwanto.

Ia berharap sebelum libur hari raya Idul Fitri, semua THR sudah terdistribusi. Untuk pensiun dicairkan di Taspen dan Asabri dan hingga akhir pekan lalu sudah dicairkan Rp 6,5 triliun, yang kemudian diserahkan ke penerima pensiun.

Marwanto menyatakan, apabila disalurkan melalui mitra perbankan, maka akan disalurkan secara bertahap. Ada juga yang disalurkan melalui kantor pos. 

PenulisSakina Rakhma Diah Setiawan
EditorMuhammad Fajar Marta
Komentar