Menhub Minta Lion Air Kumpulkan Semua Pilotnya - Kompas.com

Menhub Minta Lion Air Kumpulkan Semua Pilotnya

Yoga Sukmana
Kompas.com - 23/06/2017, 14:05 WIB
KOMPAS.com/PRAMDIA ARHANDO JULIANTO Menhub Budi Karya Sumadi memberikan teguran keras kepada Lion Air di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (27/5/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan akan membina Lion Air pasca ditangkapnya seorang pilot Lion Air berinisial RS (30), warga negara India oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) di Lombok, Rabu (21/6/2017).

Ia juga meminta maskapai berlogo kepala singa itu mengumpulkan semua pilotnya untuk edukasi ulang tentang pentingnya tanggung jawab besar kerja seorang pilot.

"Sampaikan kepada mereka bahwa mereka adalah orang-orang pilihan yang membawa pesawat dengan banyak orang jadi harus utamakan keselamatan dan keamanan," ujar Menhub di Tangerang, Jumat (23/6/2017).

"Bagaimana mungkin dia jadi pilot tapi tidak memiliki tanggung jawab terhadap penumpang yang ia bawa?," sambung mantan Direktur Utama Angkasa Pura II itu.

Menhub Budi Karya geram masih ada pilot yang mengkonsumsi narkoba. Sebab, efek barang haram itu sangat berbahaya bagi keselamatan penerbangan jika pilot mengkonsumsinya.

Kemenhub akan terus melakukan tes narkoba secara berkala dan random kepada para pilot. Maskapai pun diminta untuk tegas menindak para pilot yang terbukti mengkonsumsi narkoba.

Sebelumnya, Badan Narkotika Nasional Provinsi Nusa Tenggara Barat, menangkap seorang pilot Lion Air berinisial RS (30), warga negara India di Lombok, Rabu (21/6/2017) pukul 11.30 WITA.

Setelah dilakukan tes urine, RS terbukti mengkonsumsi narkoba jenis ganja sintetis dengan nama hashish. Barang haram itu disebut BNN memiliki pengaruh yang lebih kuat dibandingkan ganja biasa.

PenulisYoga Sukmana
EditorAprillia Ika

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM