5 Tips Bantu Teman dari Lilitan Utang - Kompas.com

5 Tips Bantu Teman dari Lilitan Utang

Kompas.com - 09/07/2017, 21:00 WIB
Ilustrasi Utang Dok. HaloMoney.co.id Ilustrasi Utang

JAKARTA, KOMPAS.com - Tentu bukan hal yang menyenangkan saat melihat teman yang sedang mengalami masalah finansial. Misalnya terlilit utang, menunggak cicilan atau hidup serba pas-pasan dan kadang tidak bisa memenuhi kebutuhan dengan baik.

Sebagai teman yang baik, Anda pasti merasa simpati dan tergerak untuk membantu.

Namun, membantu teman yang sedang mengalami kesulitan finansial tidak bisa sembarangan. Bisa jadi justru Anda yang akan terjerumus pada lubang yang sama.

Ada cara dan trik tersendiri untuk membantunya. Bagi yang sedang berada pada posisi tersebut, simaklah cara membantu teman yang sedang terlilit utang berikut ini.

1. Tanyakan Masalah

Hal pertama yang harus dilakukan saat mengetahui teman sedang bangkrut dan terlilit utang adalah menanyakan dengan jelas apa masalah dan penyebabnya terlebih dahulu.

Anda bisa berdiskusi dengannya di teman yang tenang dan nyaman. Jangan terlalu menekannya, tapi cobalah bertanya dengan perlahan. Berikan padanya waktu untuk bisa menjelaskan semua permasalahannya.

Biasanya jika teman tersebut memang dekat dengan Anda, maka dia tidak akan sungkan menceritakan penyebab masalah keuangannya. Jadilah pendengar yang baik dengan memahami setiap permasalahan yang diceritakannya.

2. Semangat!

Setelah mengetahui masalah dan penyebab kesulitan finansialnya dengan seksama, langkah selanjutnya ialah memberikannya semangat.

Berikan semangat padanya melalui lisan atau secara langsung, pesan singkat dan lain sebagainya.

Bisa dikatakan bahwa kata-kata penyemangat bisa memotivasi temanmu. Dia yang secara psikologis telah jatuh bisa pelan-pelan bangkit karena semangat yang diberikan.

Karena kata penyemangat tersebut, akan membukakan pikirannya bahwa masih ada harapan untuk bisa keluar dari masalah.

3. Pinjamkan Bila Ada Uang Lebih

Jika saat ini Anda memiliki uang lebih, maka tak ada salahnya untuk meminjami uang kepada teman Anda yang sedang benar-benar membutuhkan uang.

Tapi, pastikan jika uang tersebut akan dikembalikan pada waktu yang telah ditentukan. Terkadang masalah menyempitkan pemikiran seseorang hingga mendorongnya berbuat keburukan.

Jadi, Anda tetap harus waspada saat menolong teman tersebut.

Bukan pelit atau perhitungan, dengan menegaskan jangka waktu pembayaran utang, teman Anda bisa lebih bertanggung jawab dalam mengelola keuangannya agar dapat melunasi utangnya tepat waktu.

Bila perlu, ingatkan padanya jika batas jatuh tempo pembayaran sudah dekat.

4. Ajak Kerja Tambahan Atau Berbisnis

Apabila teman Anda yang sedang kesulitan finansial tersebut tidak sedang bekerja, maka ajak atau bantu dia untuk mendapatkan pekerjaan. Jika dia sudah bekerja, maka bantu dia untuk mendapatkan penghasilan.

Banyak cara atau usaha yang baik yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Solusi lainnya, ajak dia untuk berbisnis dengan pembagian keuntungan yang adil. Bisnis tersebut bisa dari hal-hal yang sederhana dengan modal yang tidak terlalu besar.

Kesimpulannya agar kondisi keuangannya kembali pulih, maka dia harus mendapatkan penghasilan tambahan.

5. Berikan Saran dalam Mengatur Keuangan

Apakah Anda telah melakukan semua tips di atas?

Nah, kini saatnya memberikan dia masukan mengenai cara mengatur keuangan yang tepat. Jika selama ini dia tidak menggunakan kartu kredit secara bijak, maka Anda bisa memberikan saran atau masukan untuk menggunakan kartu kredit seperlunya dan tidak menggunakan lebih dari satu kartu kredit.

Apabila dia mengalami masalah utang karena menunggak cicilan kredit kendaraan, bimbinglah dia untuk selalu melakukan perbandingan kredit lewat situs perbandingan produk keuangan.

Apabila kebangkrutan menimpa dirinya karena bencana, sarankan dia untuk menggunakan produk asuransi yang tepat sebagai bentuk perlindungan. Ingatkan juga kepadanya agar tidak meminjam uang kepada rentenir.

Berikan Solusi yang Tepat

Intinya adalah saat mengetahui bahwa teman sedang mengalami masalah keuangan yang sulit dan hal itu juga mengganggu Anda, maka sebaiknya berdiskusilah bersama teman Anda untuk menemukan solusi yang tepat. Tips yang telah diuraikan di atas bisa menjadi salah satunya.

Hal yang paling penting adalah ingatkan dia agar menghindari hal-hal yang dapat menjerumuskannya pada lubang masalah yang sama. Berikan selalu padanya dukungan ataupun semangat bahwa segala macam masalah keuangan pasti ada solusinya.

EditorAprillia Ika
SumberCermati.com,
Komentar
Close Ads X