Apple Bikin Samsung Tajir, Kenapa? - Kompas.com

Apple Bikin Samsung Tajir, Kenapa?

Sakina Rakhma Diah Setiawan
Kompas.com - 11/07/2017, 13:17 WIB
Apple Campus, kantor pusat Apple Inc. di Cupertino, Californiacdn.imore.com Apple Campus, kantor pusat Apple Inc. di Cupertino, California

SINGAPURA, KOMPAS.com - Akhir pekan lalu, raksasa elektronik Korea Selatan Samsung Electronics mengumumkan proyeksi laba yang mencapai rekor tertinggi. Tidak hanya itu, pendapatan Samsung juga diperkirakan meningkat signifikan.

Mengutip Business Insider, Selasa (11/7/2017), laba opeasional Samsung diproyeksikan mencapai 12,1 miliar dollar AS, melonjak 72 persen.

Sementara itu, pendapatan Samsung ditaksir tumbuh 18 persen menjadi 52 miliar dollar AS. Para analis menyatakan, kalau benar demikian, maka Samsung mencatat kinerja keuangan yang amat solid.

Namun, yang menarik, kinerja keuangan Samsung yang cemerlang tersebut ternyata berasal dari saingan Samsung, yakni Apple. Mengapa demikian?

(Baca: Samsung Prediksi Laba Melonjak 72 Persen, Bisa Lampaui Apple)

 

Samsung dikenal luas sebagai produsen ponsel pintar canggih seperti misalnya Galaxy S8 yang teranyar.

Akan tetapi, perlu disadari bahwa sebagian besar laba Samsung berasal dari divisi yang menjual bagian-bagian dari ponsel, seperti layar dan cip memori.

Produk-produk itu dijual ke beragam perusahaan, tidak terkecuali Apple.

Faktanya, Samsung dikabarkan merupakan satu-satunya pemasok layar OLED yang menjadi fitur utama dalam iPhone 8.

Para analis Wall Street mengekspektasikan penjualan iPhone 8 akan gila-gilaan dan para konsumen setia Apple pastinya rela antri atau melakukan apapun demi jadi pembeli pertama.

Jika Apple berencana meluncurkan iPhone 8 pada September 2017, maka kemungkinan pengiriman komponen-komponen sudah dilakukan, termasuk dari Samsung.

"Penjualan final Apple Monitor pada Juni 2017 naik 19 persen secara bulanan dan berada di atas rata-rata penurunan 2 persen selama 12 bulan terakhir. Ini dibandingkan dengan rara-rata penurunan 7 persen dalam lima tahun dan peningkatan 1 persen pada Juni 2016," kata Brian White, analis di Drexel Hamilton.

Laba operasional Samsung pada kuartal I 2017 kemungkinan bisa melampaui Apple untuk pertama kalinya. Para analis mengestimasikan laba operasional Apple mencapai 10,5 miliar dollar AS.

Samsung dijadwalkan bakal mengumumkan laporan kinerja keuangannya pada akhir bulan Juli 2017 ini. Sementara itu, kinerja keuangan Apple bakal diumumkan pada 1 Agustus 2017 mendatang. 

(Baca: Apple Klaim Telah Ciptakan 2 Juta Lapangan Kerja di AS)

PenulisSakina Rakhma Diah Setiawan
EditorAprillia Ika
Komentar
Close Ads X