Luhut Pandjaitan: Reklamasi Teluk Jakarta Jalan Terus, Takkan Ditunda - Kompas.com

Luhut Pandjaitan: Reklamasi Teluk Jakarta Jalan Terus, Takkan Ditunda

Moh. Nadlir
Kompas.com - 11/07/2017, 16:15 WIB
Pulau reklamasi buatan PT KCN berada dekat muara Sungai Titram, di Marunda, Jakarta Utara. Senin (18/4/2016) Kompas.com/Robertus Belarminus Pulau reklamasi buatan PT KCN berada dekat muara Sungai Titram, di Marunda, Jakarta Utara. Senin (18/4/2016)

JAKARTA, KOMPAS.com -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa proyek reklamasi Teluk Jakarta akan jalan terus dan tidak akan ditunda-tunda.

Terlebih, pihaknya telah berdiskusi dan menerima masukan dari berbagai pihak terkait kelanjutan proyek tersebut. Bahkan, akhir Juli ini, laporan interim kajian reklamasi Teluk Jakarta akan dirilis.

"Kita tidak akan menunda. Kalau ada masalah tunjukin masalahnya di mana. Jadi jangan asal ngomong. Tapi datang ke saya," kata Luhut di Jakarta, Selasa (11/7/2017).

Ia menegaskan, laporan dari kajian yang sudah dilakukan pihaknya akan dilaporkan ke Presiden Joko Widodo terlebih dulu sebelum disampaikan ke publik.

"Ya nanti kita akan laporkan (ke Presiden). Apa yang sudah kita dapat. Sudah ada diskusi terbuka. Jadi tdak perlu ribut-ribut di publik," kata Luhut.

Istana diketahui menggelar rapat terbatas terkait evaluasi pelaksanaan proyek strategis nasional dan program prioritas di provinsi DKI Jakarta seperti reklamasi Teluk Jakarta sore ini.

Sebelumnya, Wakil gubernur terpilih DKI Jakarta, Sandiaga Uno, menuturkan dia bersama gubernur terpilih DKI Jakarta, Anies Baswedan, dan tim akan membahas kajian lingkungan hidup pulau-pulau reklamasi di Teluk Utara Jakarta.

Sandiaga mengatakan pembahasan mengenai kajian lingkungan hidup pulau reklamasi akan mulai dilakukan segera setelah dia dilantik pada Oktober 2017.

Sandi bersama Anies akan tetap konsisten menolak proyek reklamasi. Mengenai pulau-pulau hasil reklamasi yang sudah telanjur dibangun, setelah membahas kajian lingkungan hidupnya, akan dibahas usulan-usulan masyarakat.

PenulisMoh. Nadlir
EditorBambang Priyo Jatmiko
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM