Pusat Perawatan Pesawat Milik Lion Group Raih Sertifikasi dari FAA - Kompas.com

Pusat Perawatan Pesawat Milik Lion Group Raih Sertifikasi dari FAA

Achmad Fauzi
Kompas.com - 11/07/2017, 17:56 WIB
Pemberian Sertifikasi FAA 145 Kepada Manajemen PT Batam Aero Teknik di Hanggar BAT, Batam, Selasa (11/7/2017)KOMPAS.com/ACHMAD FAUZI Pemberian Sertifikasi FAA 145 Kepada Manajemen PT Batam Aero Teknik di Hanggar BAT, Batam, Selasa (11/7/2017)

BATAM, KOMPAS.com - PT Batam Aero Teknik (BAT) perusahaan bidang perawatan dan perbaikan pesawat atau (Maintenance, Repair, and Overhaul) meraih sertifikat dan spesifikasi operasi dari pengawas keselematan penerbangan Amerika Serikat   FAA (Federal Aviation Administration) FAA 145.

Dengan adanya sertifikasi tersebut, anak usaha Lion Group telah mendapat pengakuan internasional terkait fasilitas perawatan dan perawatan pesawat. 

"Dengan sertifikasi ini, cara kerja BAT sudah sama dengan FAA. Karena dalam dunia penerbangan untuk merawat harus dapat serifikasi FAA, sehingga dirawat dengan standar yang ditentukan," ujar Presiden Direktur Lion Group Edwart Sirait di Hanggar BAT, Batam, Selasa (11/7/2017). 

Sertifikasi tersebut diraih setelah auditor dari FAA,  Art J Muzzicato dan Frank Baker menilai perawatan dan perbaikan pesawat di BAT telah memenuhi persyaratan internasional.

"Standar operasi BAT jadi ada dua. Pertama memang telah standar kualitas internasional, kedua lebih mudah ?karensa sudah ada patokannya," jelas dia.

Dalam hal ini, Edward mengatakan, ke depan Lion Group berencana untuk mengembangkan pusat perawatan dan perbaikan ini. Salah satunya dengan menambahkan hanggar untuk menampung pesawat lebih banyak lagi.

"Saat ini, ada 4 Hanggar dan ke depan kita akan tambah 15 hanggar di BAT," pungkas dia.

Seperti yang di ketahui bahwa Batam Aero Technic mulai beroperasi pada tahun 2014 sebagai pusat perawatan dan perbaikan meliputi Aircraft Service, Engine Service, Landing Gear Service, dan Component Service.

Hingga saat ini hanggar BAT dapat menampung 12 pesawat narrow body dan 4 pesawat wide body secara bersamaan.

MRO yang berada di bawah naungan Lion Air Group ini dapat mengakomodasi beberapa tipe pesawat seperti Boeing 737-300/400/500/600/700/800/900, ATR 72-500/600, dan DHC 8, untuk kedepannya BAT juga akan mampu melayani pesawat dengan tipe A320 NEO dan CEO, A330, Boeing 737 MAX, dan Eurocopter E3135.

PenulisAchmad Fauzi
EditorBambang Priyo Jatmiko
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM