Warren Buffett Sumbang Miliaran Dollar AS ke Yayasan Bill Gates - Kompas.com

Warren Buffett Sumbang Miliaran Dollar AS ke Yayasan Bill Gates

Sakina Rakhma Diah Setiawan
Kompas.com - 12/07/2017, 05:58 WIB
Sekarang, 46 tahun kemudian, Buffet memasukkan rumahnya tersebut ke dalam daftar jual seharga 11 juta dollar AS atau senilai Rp 146,8 miliar.Getty Images/Todd Tankersley Photography Sekarang, 46 tahun kemudian, Buffet memasukkan rumahnya tersebut ke dalam daftar jual seharga 11 juta dollar AS atau senilai Rp 146,8 miliar.

NEW YORK, KOMPAS.com - Miliarder dan investor kawakan Warren Buffett menyumbangkan saham perusahaan investasi miliknya, Berkshire Hathaway Inc senilai 3,17 miliar dollar AS ke beberapa lembaga amal, termasuk Bill & Melinda Gates Foundation.

Yayasan itu adalah lembaga filantropi yang didirikan Bill Gates, orang terkaya di dunia dan pendiri Microsoft.

Mengutip CNBC, Selasa (11/7/2017), penyerahan sumbangan dilakukan pada Senin (10/7/2017) waktu setempat.

Selain ke yayasan milik Gates, Buffett juga menyumbangkan kekayaan miliknya ke empat lembaga amal keluarga lainnya. Sejak lama, Buffett dikenal bukan hanya soal kepiawaiannya dalam berinvestasi, namun juga komitmennya untuk menyumbangkan kekayaannya ke berbagai kegiatan amal.

Adapun donasinya yang teranyar ini adalah jumlah yang terbesar dalam lebih dari satu dekade terakhir. Saham yang disumbangkan tersebut dipecah menjadi lima amal, terdiri dari 18,63 juta saham Berkshire Kelas B, masing-masing bernilai 170,25 dollar AS per lembar saham pada penutupan perdagangan Senin.

Berkshire sendiri menyatakan sejak tahun 2006, Buffett sudah menyumbangkan kekayaannya sebesar 27,54 miliar dollar AS ke lima lembaga amal. Adapun 21,9 miliar dollar AS di antaranya disumbangkan ke Bill & Melinda Gates Foundation.

Buffett sendiri masih memiliki sekira 17 persen saham Berkshire meski sudah mendonasikan lebih dari 40 persen saham miliknya.

Berkshire adalah konglomerasi yang didirikan Buffett pada tahun 1965 silam. Bill & Melinda Gates Foundation dikabarkan menerima sumbangan sebesar 2,42 miliar dollar AS dari Buffett pada Senin.

Lembaga amal lainnya yang menerima sumbangan Buffett antara lain Susan Thompson Buffett Foundation dan Howard G Buffett, Sherwood and NoVo Foundations.

Pasca-donasi teranyar ini, Buffett masih berada pada peringkat keempat daftar orang terkaya di dunia versi majalah Forbes. Usai menyumbangkan kekayaannya ini, Forbes menaksir kekayaan Buffett mencapai 76,3 miliar dollar AS.

PenulisSakina Rakhma Diah Setiawan
EditorBambang Priyo Jatmiko

Komentar
Close Ads X