Muliaman Ingatkan Pentingnya Stabilitas Sektor Keuangan - Kompas.com

Muliaman Ingatkan Pentingnya Stabilitas Sektor Keuangan

Moh. Nadlir
Kompas.com - 13/07/2017, 22:38 WIB
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad (tengah) Ketika Memberikan Keterangan Pers dalam kegiatan Seminar Internasional “Navigating Financial Stability in an Evolving Global Economic System” di Nusa Dua, Bali, Kamis (13/7/2017).KOMPAS.com/ MOH NADLIR Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad (tengah) Ketika Memberikan Keterangan Pers dalam kegiatan Seminar Internasional “Navigating Financial Stability in an Evolving Global Economic System” di Nusa Dua, Bali, Kamis (13/7/2017).

NUSA DUA, KOMPAS.com - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Muliaman D Hadad mengatakan perlu strategi baru untuk menjaga stabilitas sistem keuangan di Indonesia.

"Strategi harus terus berkembang sehingga pasar keuangan kita bisa bertahan dari berbagai tekanan," kata Muliaman di Nusa Dua, Bali, Kamis (13/7/2017).

Sebab, jika pasar keuangan dan nilai rupiah tertekan maka sektor rill juga akan terkena dampaknya.

"Selanjutnya, industri perbankan juga akan terganggu lantaran bisnis terganggu. Kalau ini tidak direspon dengan baik akan membuat kita berada dalam situasi yang tidak menyenangkan," kata dia.

Muliaman juga mengingatkan pentingnya pengawasan akan industri keuangan di Tanah di tengah kondisi keuangan dunia yang terus-menerus berubah.

Pengawasan itu menurutnya penting, sebagai bagian dari penanggulangan krisis keuangan. "Kita sudah ngobrol dengan para ahli. Bagaimana regulator menyikapi perubahan keuangan dunia yang terus berubah. Bagaimana kita membangun inisiatif untuk membuat regulasi yang sesuai dengan kebutuhan," kata dia.

"Kita berpikir apa yang pas buat kita di tengah kondisi ekonomi dunia yang sangat dinamis. Kita perlu industri keuangan yang stabil. Ini tugas yang tak mudah," tambah dia.

PenulisMoh. Nadlir
EditorMuhammad Fajar Marta
Komentar
Close Ads X