CIMB Niaga Prediksi Pertumbuhan Ekonomi RI 5,1 Persen Tahun Ini - Kompas.com

CIMB Niaga Prediksi Pertumbuhan Ekonomi RI 5,1 Persen Tahun Ini

Sakina Rakhma Diah Setiawan
Kompas.com - 17/07/2017, 15:07 WIB
Ilustrasi laju pertumbuhan ekonomi duniaTHINKSTOCK.COM Ilustrasi laju pertumbuhan ekonomi dunia

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Ekonom PT Bank CIMB Niaga Tbk Adrian Panggabean menyatakan, pihaknya memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,1 persen pada tahun 2017.

Ini didukung oleh perbaikan perekonomian Indonesia hingga paruh pertama tahun ini. Adrian mengungkapkan, dibandingkan tahun 2016 lalu, kondisi ekonomi Indonesia jauh lebih baik.

"Setelah berjalan ekonomi Indonesia lebih baik, yang pasti pertengahan pertama lebih baik dari 2016," kata Adrian dalam media briefing di Jakarta, Senin (17/7/2017).

Menurut Adrian, perbaikan kondisi perekonomian dapat dibuktikan melalui data pasar tenaga kerja dan tingkat partisipasi angkatan kerja yang meningkat. Sementara itu, angka pengangguran terus menurun.

"Ini jangan dilihat dari sektor formal saja, non formal juga ikut, jadi kemampuan menyerap tenaga kerja ada," tutur Adrian.

Adapun di pasar finansial, arus modal yang masuk (capital inflow) lebih tinggi dibandingkan 2016 sebagai respon dari valuasi aset yang menarik. Laju pertumbuhan kredit dan dana pihak ketiga perbankan pun terus meningkat. 

Faktor lainnya adalah persepsi risiko investor asing terhadap Indonesia. Ini ditunjukkan oleh angka credit default swap yang juga terus menurun dibandingkan dengan awal tahun.

Kondisi ini pun didukung pergerakan rupiah yang stabil di tengah fluktuasi pasar aset global. Secara year-to date (tahun kalender), rupiah terapresiasi sekitar 0,8 persen dibandingkan tahun lalu.

Adapun di sektor riil, surplus pada neraca perdagangan menunjukkan hasil yang Iebih tinggi dari ekspektasi pasar pada awal tahun.

“Sejumlah indikator utama memberikan indikasi bahwa pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) di kuartal kedua 2017 mungkin akan sedikit Iebih baik dibandingkan kuartal I, sehingga kami optimistis pertumbuhan PDB sepanjang tahun 2017 bisa mencapai 5,1 persen," ungkap Adrian.

PenulisSakina Rakhma Diah Setiawan
EditorBambang Priyo Jatmiko
Komentar
Close Ads X