Gelar Hari Belanja Diskon, Pengusaha Target Transaksi Rp 20 Triliun - Kompas.com

Gelar Hari Belanja Diskon, Pengusaha Target Transaksi Rp 20 Triliun

Pramdia Arhando Julianto
Kompas.com - 17/07/2017, 19:02 WIB
Konferensi Pers Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) terkait acara Hari Belanja Diskon Indonesia (HBD Indonesia) di Kemendag, Senin (17/7/2017).KOMPAS.com/PRAMDIA ARHANDO JULIANTO Konferensi Pers Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) terkait acara Hari Belanja Diskon Indonesia (HBD Indonesia) di Kemendag, Senin (17/7/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pelaku industri ritel yang bergabung dalam Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) menggelar Hari Belanja Diskon Indonesia (HBD Indonesia).

Adapun acara tersebut akan dilaksanakan pada 17 Agustus 2017 bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, hingga 20 Agustus 2017 di Gambir Expo, JIExpo Kemayoran Jakarta.

Ketua Umum HlPPlNDO Budihardjo lduansjah mengatakan, HBD Indonesia akan menciptakan tren belanja baru di bulan Agustus dan ditargetkan akan mecatatkan nilai transaksi hingga Rp 20 triliun dengan 500 merek yang berpartisipasi.

"Jika sebelumnya pada bulan tersebut tren belanja konsumen diperkirakan mengalami penurunan, khususnya setelah Hari Raya ldul Fitri dan pada saat periode back to school berakhir, kini tidak lagi demikian," jelasnya saat konferensi pers di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Senin (17/7/2017).

Budi menjelaskan, acara tersebut juga sengaja digelar pada bulan Agustus karena juga menjadi bulan bagi para wisatawan mancanegara datang ke Indonesia untuk liburan musim panas.

"Melalui acara ini, kami berharap dapat kembali meningkatkan daya beli masyarakat, dan pada akhirnya akan mendorong pertumbuhan bisnis serta meningkatkan perekonomian secara keseluruhan," paparnya. 

Ketua Panitia HBD Indonesia Fetty Kwartati mengatakan, HBD Indonesia ditargetkan untuk menjadi festival belanja, kuliner, musik, hiburan ritel, terbesar di Indonesia yang diikuti oleh lebih dari 200 perusahaan yang mengelola 500 merek lokal dan internasional.

"Selain para peritel ternama, HBD Indonesia juga melibatkan partisipasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sebagai wujud dukungan kami terhadap UKM," jelas Fetty.

Menurutnya, festival belanja terbesar ini tidak hanya ditujukan untuk masyarakat Indonesia, melainkan juga diharapkan dapat menarik wisatawan mancanegara, dan masuk dalam agenda tahunan pariwisata Indonesia.

PenulisPramdia Arhando Julianto
EditorAprillia Ika

Komentar
Close Ads X