Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investor Saham Cermati Data Domestik

Kompas.com - 24/07/2017, 08:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), Jumat (21/7) lalu, menyusut 1,03 persen menjadi 5.765,42. Pada hari ini, Senin (24/7/2017), laju IHSG berpotensi tertekan jika tidak ada sentimen positif yang menopang pasar.

Para pemodal asing masih menjauh dari pasar saham domestik. Dalam sepekan terakhir, asing mencatatkan penjualan bersih (net sell) Rp 4,04 triliun di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Sejatinya, pasar saham Indonesia berpotensi terdorong sentimen rilis kinerja emiten yang diprediksi cenderung positif. Namun, hal tersebut dinilai tidak memberikan dampak positif dalam waktu lama.

Analis Binaartha Parama Sekuritas Reza Priyambada menyebutkan, penilaian Bank Indonesia (BI) terkait pertumbuhan kredit menjadi sentimen negatif yang menonjol.

"Pertumbuhan kredit hingga Mei tahun ini masih rendah, bahkan belum separuh dari target tahun ini 10 persen-12 persen," kata Reza.

BI mengatakan, pertumbuhan kredit tahun berjalan (year-to-date) hingga Mei 2017 hanya 2,6 persen.

Analis OSO Sekuritas Riska Afriani memprediksi, IHSG masih bisa menguat dengan potensi technical rebound.

Hari ini, ada rilis data investasi asing langsung atau foreign direct investment (FDI) dan layak mendapatkan perhatian pasar.

Reza memprediksi IHSG hari ini melemah di support 5.740 dan resistance 5.715. Sedangkan Riska memproyeksikan IHSG menguat di kisaran support 5.748 dan resistance 5.821.

 

Berita ini diambil dari kontan.co.id dengan judul: IHSG Mencermati Data Domestik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com