Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Lintasarta Cerdaskan Warga Kota Batu

Kompas.com - 24/07/2017, 18:09 WIB
Josephus Primus

Penulis


KOMPAS.com - Ada tiga program yang terwujud di Kota Batu, Jawa Timur, saat implementasi Lintasarta tentang kota cerdas (smart city) diresmikan dalam kerja sama kedua belah pihak pada Jumat (21/7/2017). Rilis yang diterima Kompas.com dari Lintasarta pada Senin (24/7/2017) menunjukkan bahwa ketiga hal itu adalah laporan masyarakat, informasi kota, dan smart farming.

Kemudahan ini kata Presiden Direktur Lintasarta Arya Damar didukung dengan pemanfaatan platform digital bertajuk Command Center. "Aplikasi ini karya anak bangsa," kata Arya Damar.

Platform kota cerdas Lintasarta, imbuh, Arya Damar, berbasis cloud atau komputasi awan. Platform itu memungkinkan pemerintah daerah membuat, mengembangkan, melakukan uji coba, dan mengelola aplikasi tanpa perlu berinvestasi infrastruktur seperti storage, server, operating system, dan middle ware.

Kelebihan lainnya adalah semua aplikasi sudah terintegrasi degan baik  atau aplikasi tidak berdiri sendiri-sendiri. “Implementasi solusi smart city dapat dimulai secara cepat hanya kurang dari seminggu, tidak perlu berbulan-bulan,” ujarnya.

Arya menambahkan, aplikasi yang telah dibuat juga dapat direplikasi dan dibagikan kepada pemerintah daerah lainnya. Dengan cara ini, tidak perlu dibuat aplikasi baru untuk di setiap daerah.

"Ini akan mendukung percepatan implementasi smart city di berbagai daerah di seluruh Indonesia, sehingga dari berbagai smart city akan menjadi smart nation," pungkas Arya Damar.

Menurut laman lintasarta.net, sejak 1988, Lintasarta merupakan penyedia komunikasi data, internet, dan layanan-layanan teknologi informasi untuk berbagai sektor industri. Saat ini Lintasarta telah melayani lebih dari 2.300 pelanggan korporasi dengan lebih 35.000 jaringan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com