Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Ketentuan HET, Pasokan Besar ke Pasar Cipinang Anjlok

Kompas.com - 26/07/2017, 07:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk komoditas beras memberikan pengaruh yang besar kepada para petani dan pedagang.

Billy Haryanto, pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Persatuan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi) mengatakan, terjadi penurunan pasokan beras ke Pasar Induk Beras Cipinang.

Billy mengungkap, pada Selasa beras yang dikirim ke PIBC hanya berkisar 1.000 ton. Padahal, biasanya PIBC dapat menerima 3.000 ton per hari.

Hal tersebut terjadi karena penetapan HET yang membuat petani daerah tidak mengirimkan beras ke PIBC dalam 3 hari terakhir.

Buruh menurunkan beras Bulog di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur, Rabu (26/7/2017). Penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk komoditas beras memberikan pengaruh yang besar kepada para petani dan pedagang sehingga menyebabkan pasokan beras ke pasar induk anjlok.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Buruh menurunkan beras Bulog di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur, Rabu (26/7/2017). Penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk komoditas beras memberikan pengaruh yang besar kepada para petani dan pedagang sehingga menyebabkan pasokan beras ke pasar induk anjlok.
“Dari daerah kompak tidak kirim, kalau kirim rugi tidak ada yang beli. Dampaknya luar biasa dalam 3 hari terakhir,” jelas Billy kepada Kontan, Selasa (25/07/2017).

Akibat tidak ada penggilingan dari daerah yang mengirim beras, berdampak kepada pedagang yang memilih untuk tidak beroperasi. Berdasarkan pantauan Kontan, PIBC terlihat sepi dan hanya beberapa pedagang yang terlihat beroperasi.

Hal ini juga diakui oleh Ida, pemilik PD Ida Jaya. Dia mengaku belum memahami secara jelas peraturan Kementerian Perdagangan tentang penetapan HET beras.

Buruh hendak memasukkan beras ke mobil di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur, Rabu (26/7/2017). Penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk komoditas beras memberikan pengaruh yang besar kepada para petani dan pedagang sehingga menyebabkan pasokan beras ke pasar induk anjlok.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Buruh hendak memasukkan beras ke mobil di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur, Rabu (26/7/2017). Penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk komoditas beras memberikan pengaruh yang besar kepada para petani dan pedagang sehingga menyebabkan pasokan beras ke pasar induk anjlok.
Namun, dia mengatakan, banyak penggilingan daerah yang belum mengantar beras ke PIBC.

Billy menyebutkan, pedagang hanya bisa menanti keputusan pemerintah untuk menetapkan HET yang baru. Bila tidak, pedagang akan mengalami kerugian yang besar.

 

Berita ini diambil dari kontan.co.id dengan judul: Aturan HET, pasokan beras ke pasar induk anjlok

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com