Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Sinarmas Salurkan Kredit Kepemilikan Kios Pasar di Lembang

Kompas.com - 26/07/2017, 19:11 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Sinarmas Tbk meluncurkan program yang memudahkan para pedagang memiliki kios di Pasar Panorama Lembang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Program pembiayaan kepemilikan tempat usaha ini menggandeng PT Bangunbina Persada, pengembang dan pengelola Pasar Panorama Lembang.

“Program kredit kepemilikan tempat usaha ini akan memudahkan para pedagang untuk memiliki kios di Pasar Panorama Lembang.

"Di kantor pengembang, kami telah menyiapkan tim yang siap melayani pengajuan kredit UMKM oleh para calon pemilik kios,” kata Muktiono Wibowo, Micro & Small Business Group Head Bank Sinarmas dalam pernyataan resmi, Rabu (26/7/2017).

Melalui program kredit kepemilikan kios ini, Bank Sinarmas menyalurkan pembiayaan UMKM kepada lebih dari 2.000 pemilik kios senilai Rp 60 miliar.

Hingga pertengahan tahun ini di wilayah Jawa Barat, Bank Sinarmas telah menyalurkan kredit UMKM sebesar Rp 220 miliar melalui unit-unit mikro yang tersebar di kantor-kantor cabang BSIM di Bandung, Sukabumi, Cirebon, Tasikmalaya, dan Karawang.

Secara total, hingga Juni 2017, BSIM telah menyalurkan pembiayaan UMKM sebesar Rp 2,2 triliun atau 68,5 persen dari total target tahun 2017 yang senilai Rp 3,3 triliun.

Jumlah ini lebih tinggi 8,1 persen dari penyaluran kredit UMKM di 2016 yang mencapai Rp 2,1 triliun.

Pada 2016, total kredit yang disalurkan BSIM berjumlah Rp 19,1 triliun, meningkat 10,29 persen dibandingkan jumlah kredit di 2015 yang sebesar Rp 17,3 triliun.

Sedangkan Pembiayaan terhadap Dana yang Dihimpun (Loan to Deposit Ratio/ LDR) Perseroan mencapai 96,6 persen sepanjang tahun lalu.

"Dengan menjangkau para pedagang pasar, BSIM semakin mengukuhkan komitmennya untuk memperkuat fungsi bank sebagai lembaga mediasi dan mendukung pemerintah memperluas inklusi keuangan," ujar Muktiono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com