Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Akan Larang Penggunaan Mobil Berbahan Bakar Bensin dan Solar

Kompas.com - 26/07/2017, 21:06 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Pemerintah Inggris mengumumkan pelarangan penggunaan mobil berbahan bakar bensin dan solar pada tahun 2040. Pelarangan ini dimaksudkan guna mengurangi polusi udara.

Mengutip BBC, Rabu (26/7/2017), pemerintah Inggris juga mengalokasikan dana sebesar 225 juta poundsterling untuk membantu pemerintah lokal dalam menangani emisi kendaraan bermotor.

Ini juga termasuk di dalamnya adalah potensi penerapan zonasi biaya untuk kendaraan yang paling mengotori udara. Pemerintah Inggris pun melirik penggunaan mobil listrik.

Pemerintah juga diminta untuk menerbitkan rencana baru guna membasmi penggunaan ilegal polutan berbahaya nitrogen dioksida.

Menteri Lingkungan Inggris Michael Gove menyatakan, pemerintah bakal memberikan dana lebih dari 200 juta poundsterling kepada otoritas lokal guna menghadirkan rencana pengurangan jumlah jalan dengan tingkat polusi yang tinggi.

"Apa yang kami katakan kepada otoritas lokal adalah datang dengan solusi imajinatif terkait proposal ini," ujar Gove.

Terkait dengan kemungkinan pengenaan denda untuk kendaraan tertentu, Gove menuturkan dirinya tak terlalu yakin rencana ini diperlukan. Namun, pemerintah Inggris akan bekerja sama dengan otoritas lokal guna mempertimbangkan pendekatan terbaik.

Direktur Eksekutif Asosiasi Manufaktur dan Perdagangan Otomotif Inggris (SMMT) Mike Hawes menuturkan, permintaan kendaraan berbahan bakar alternatif mengalami pertumbuhan. Akan tetapi, pertumbuhannya masih sangat rendah.

"Sebaliknya, industri ingin pendekatan yang positif yang memberikan insentif bagi konsumen untuk membeli mobil-mobil," ungkap Hawes.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com