Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bursa Asia Tembus Level Tertinggi Sejak 2008

Kompas.com - 27/07/2017, 09:35 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

SYDNEY, KOMPAS.com - Bursa saham, obligasi, dan komoditas Asia dibuka menguat pada perdagangan hari ini, Kamis (27/7/2017). Penguatan ini terjadi didukung pernyataan bank sentral AS Federal Reserve yang menjanjikan suku bunga AS tetap rendah dalam waktu yang lama.

Indeks bursa saham Asia Pasifik di luar Jepang MSCI .MIAPJ0000PUS menguat 0,5 persen ke level tertinggi sejak Januari 2008. Selama bulan Juli 2017, indeks MSCI sudah menguat hampir 5 persen. Indeks bursa saham Korea Selatan menguat 0,6 persen.

Sementara itu, indeks saham Australia menguat 0,2 persen dan indeks bursa saham Nikkei Jepang cenderung flat sejalan pergerakan nilai tukar yen. Risiko terakhir yang muncul adalah pasca The Fed memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan Fed Fund Rate (FFR).

Meski sudah diekspektasi, namun pasar mencermati pernyataan The Fed terkait inflasi. The Fed pun menyatakan bakal segera memulai program normalisasi neraca, dengan ekspektasi dimulai pada September 2017.

Langkah itu dipandang dapat memperketat kondisi finansial secara efektif, namun juga dapat menurunkan kebutuhan untuk menaikkan suku bunga AS.

"Permasalahan dollar AS adalah tidak bisa mengharapkan bantuan dari The Fed terlalu lama," kata Alan Ruskin, global head of forex di Deutsche Bank.

Nilai tukar dollar AS melemah ke level terendah dalam 13 bulan terhadap basket kelompok mata uang utama dunia, yakni mencapai level 93,370. Adapun nilai tukar euro menguat ke level tertinggi sejak Januari 2015, yakni pada level 1,1742 dollar AS. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com