Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kendalikan Inflasi, 5 Hal Ini Perlu Diperhatikan

Kompas.com - 27/07/2017, 11:45 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Inflasi indeks harga konsumen (IHK) pada tahun 2017 ditargetkan mencapai sasaran 4 plus minus 1 persen. Sementara itu, sasaran inflasi IHK pada tahun 2018 ditetapkan berada pada kisaran 3,5 plus minus 1 persen.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo menyatakan, inflasi IHK saat ini berada dalam kisaran yang rendah dan terkendali.

Akan tetapi, target tersebut juga merupakan tantangan. Pasalnya, Indonesia perlu mensejajarkan diri dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Negara-negara tersebut telah mencapai era inflasi di bawah 3 persen. Oleh karena itu, imbuh Agus, ada setidaknya lima hal yang perlu menjadi perhatian dalam pengendalian inflasi.

Pertama, percepatan pembangunan infrastruktur nasional perlu dilanjutkan.

"Kedua, menjaga ketersediaan pasokan pangan. Ini termasuk pengaturan produksi dan penguatan kelembagaan," kata Agus pada acara Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2017 di Jakarta, Kamis (27/7/2017).

Hal lain yang perlu dilakukan adalah mempercepat pembenahan dan efisiensi tata niaga pangan.

Selain itu, perlu juga dilakukan pengembangan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) sejalan dengan keamjuan teknologi.

PIHPS adalah aplikasi pemantau harga-harga pangan strategis, yakni 10 komoditas pangan yang kerap menjadi sumber pemicu inflasi yang dipantau di 82 kota IHK.

Singkatnya, masyarakat bisa dengan mudah memantau harga-harga pangan dengan menggunakan ponsel.

"Perlu juga mencermati ketepatan penentuan waktu dan harga energi domestik, agar dampak lanjutannya ke inflasi dapat diminimalkan," ungkap Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com