Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Orang Terkaya di Dunia, Jeff Bezos Tak Pamer Kekayaan

Kompas.com - 28/07/2017, 12:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - CEO dan pendiri Amazon Jeff Bezos menggeser posisi pendiri Microsoft Bill Gates sebagai orang terkaya di dunia.

Sejalan dengan penguatan saham Amazon, kekayaan Bezos ditaksir melampaui kekayaan Gates yang mencapai 90 miliar dollar AS.

Mengutip CNBC, Jumat (28/7/2017), Bezos pertama kali masuk dalam daftar orang terkaya di dunia versi Forbes pada tahun 1998 dengan kekayaan mencapai 1,6 miliar dollar AS setelah Amazon melakukan penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO).

Pada tahun 2007, kekayaan Bezos mencapai 4,4 miliar dollar AS. Kemudian, kekayaan Bezos mulai merangkak naik hingga mencapai 18,4 miliar dollar AS pada tahun 2012 dan menempatkannya pada posisi 26 daftar orang terkaya di dunia.

Dalam lima tahun terakhir, kekayaan Bezos bertambah 70 miliar dollar AS. Dalam dua tahun terakhir saja, kekayaan Bezos melonjak 45 miliar dollar AS, kemungkinan adalah pertambahan kekayaan indivudu terbesar dalam sejarah.

Namun, Bezos menghindari untuk membicarakan kekayaannya di hadapan publik. (Baca: Geser Bill Gates, Jeff Bezos Jadi Orang Terkaya di Dunia)

Dalam sebuah pidato di Princeton University, Bezos menemukan ide untuk menjual buku lewat internet ketika ia bekerja di sebuah hedge fund di New York.

Sempat ragu untuk meninggalkan pekerjaannya yang bergaji tinggi, Bezos akhirnya memilih untuk mewujudkan idenya tersebut.

Ia kemudian mendirikan Amazon. Berkat idenya itu, Bezos pun merangkak menuju puncak kekayaan.

"Saya tidak mengambil jalan aman untuk memenuhi impian saya dan saya bangga dengan pilihan itu," ujar Bezos.

Dengan terus bertambahnya harga saham Amazon, banyak pihak meyakini bahwa kekayaan Bezos bisa mencapai 100 miliar dollar AS.

Namun, tak seperti Gates yang meninggalkan jabatannya di Microsoft, Bezos tetap secara aktif menjalankan dan membangun bisnis.

Akan tetapi, Bezos cenderung tak banyak bicara, jarang diwawancara, maupun hadir di depan publik. Ia jauh dari predikat hiperkompetitif.

Ia pun tidak menunjukkan sisi filantropisnya dengan jelas. Ini berkebalikan dengan apa yang dilakukan Gates. Namun, faktanya ia memiliki properti dalam jumlah besar.

Ia membeli rumah paling mahal di Washington DC dan memiliki beberapa rumah di Beverly Hills dan New York, serta properti lainnya di Medina, Washington.

Bezos pun merupakan pemilik surat kabar The Washington Post dan mendirikan Blue Origin, perusahaan wisata antariksa.

Namun demikian, ia tetap mengemudikan mobil "jadul" Honda Accord 1996 meski sudah menjadi miliarder.

Ketika ditanya apakah hidupnya berubah ketika sudah menjadi miliarder, Bezos mengaku tidak banyak ada perubahan yang terjadi.

"Secara pribadi, tidak ada perubahan sama sekali. Perubahannya adalah sekarang kami memiliki 50 juta dollar AS di bank, yang merupakan jumlah yang besar," tuturnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com