Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisnis Cip Memori Dongkrak Laba Samsung

Kompas.com - 29/07/2017, 10:54 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

SEOUL, KOMPAS.com - Raksasa elektronik dan teknologi Korea Selatan Samsung mencatatkan laba operasional pada kuartal II 2017 sebesar 14 triliun won atau 12,6 miliar dollar AS. Sementara itu, pendapatan Samsung tercatat sebesar 61 triliun won atau 54,8 miliar dollar AS.

Meskipun Samsung adalah produsen ponsel pintar (smartphone) terkemuka dunia, namun pendorong utama kinerja keuangan Samsung sebetulnya adalah permintaan pada cip memori.

Unit bisnis cip membukukan laba operasional sebesar 8 triliun won atau 7,2 miliar dollar AS, hampir separuh dari total laba konsolidasi Samsung.

Para analis memprediksi momentum ini akan terus berlanjut hingga akhir tahun ini. Utamanya didorong oleh peluncuran produk smartphone terbaru Samsung Galaxy Note 8 dan solidnya permintaan cip memori.

Menurut analis SK Kim dari Daiwa Capital Markets, Samsung juga akan diuntungkan oleh penjualan panel layar.

"Ini berkat pasokan panel layar (Samsung) kepada konsumen smartphone utama dalam tiga bulan ke depan," ujar Kim.

Salah satu konsumen utama Samsung tentu saja adalah Apple. Kabarnya, Apple telah memesan puluhan juta unit panel layar Samsung untuk produk iPhone berikutnya.

Apple sendiri baru akan melaporkan kinerja keuangan untuk periode yang sama pada pekan depan. Analis memperkirakan laba operasional Apple mencapai 10,5 miliar dollar AS dan pendapatan mencapai 44,9 miliar dollar AS. Sumber: http://money.cnn.com/2017/07/27/technology/samsung-profit-apple/index.html

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com