Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Traveloka Dapat Suntikan Modal 400 Juta Dollar AS

Kompas.com - 30/07/2017, 11:41 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Bloomberg

HONG KONG, KOMPAS.com - Perusahaan rintisan digital (startup) layanan perjalanan asal Indonesia, Traveloka dikabarkan memperoleh suntikan modal sebesar 400 juta dollar AS. Pemberian modal tersebut dipimpin oleh perusahaan sejenis, yakni Expedia Inc.

Mengutip Bloomberg, Minggu (30/7/2017), dengan pendanaan tersebut, maka valuasi Traveloka saat ini mencapai 2 miliar dollar AS. Dengan demikian, posisi Traveloka aman sebagai startup perjalanan online terbesar di Indonesia.

Informasi tersebut diungkapkan oleh sumber yang enggan disebutkan identitasnya. Investasi kepada Traveloka dilakukan dalam beberapa putaran.

Expedia menyatakan berkontribusi 350 juta dollar AS terhadap rangkaian pendanaan bagi Traveloka.

Ini adalah salah satu investasi terbesar dalam lima tahun terakhir bagi startup yang disokong oleh JD.cm Inc, Sequoia Capital, East Ventures, dan Hillhouse Capital tersebut.

Pihak Expedia menyatakan jumlah pendanaan yang telah diperoleh Traveloka dalam dua putaran pada setahun terakhir mencapai 500 juta dollar AS.

Adapun pihak Traveloka belum memberikan keterangannya. Traveloka yang berkantor pusat di Jakarta kian berkembang dalam pesatnya industri online di Asia Tenggara.

Kawasan ini adalah rumah bagi 600 juta lebih pasar perjalanan online, yang pangsa pasarnya bakal naik empat kali lipat menjadi 90 miliar dollar AS pada 2025.

"Traveloka jelas merupakan pemimpin dalam bisnis perjalanan online di Indonesia dan berekspansi secara agresif ke Asia Tenggara," kata CEO Expedia Dara Khosrowshahi dalam pernyataannya. 

Kompas TV Penjualan tiket melalui online berlangsung sangat cepat. Sejak pembukaan penjualan, tiket untuk hari ketiga sebelum lebaran bahkan telah ludes terjual.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com