Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuartal II 2017, Pertumbuhan Ekonomi AS 2,6 Persen

Kompas.com - 30/07/2017, 20:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber BBC

WASHINGTON, KOMPAS.com - Pertumbuhan ekonomi AS terakselerasi pada kuartal II 2017, yakni mencapai 2,6 persen. Capaian yang dipandang mengesankan ini didorong belanja konsumen yang tumbuh 2,8 persen, serta dunia usaha yang mulai berinvestasi pada alat-alat produksi.

Mengutip BBC, Minggu (30/7/2017), pertumbuhan ekonomi AS pada kuartal I 2017 mencapai 1,28 persen, dibandingkan estimasi sebelumnya yang mencapai 1,4 persen.

Adapun Dana Moneter Internasional (IMF) merevisi ke bawah proyeksi pertumbuhan ekonomi AS dari 2,3 persen menjadi 2,1 persen.

Presiden AS Donald Trump telah berjanji untuk menerbitkan beragam kebijakan guna mendorong perekonomian AS.

Kebijakan ini termasuk di dalamnya adalah memangkas pajak individu maupun korporasi, namun rencana ini menemui hambatan.

Trump pun mematok target pertumbuhan ekonomi yang agresif untuk tahun 2017, yakni 3 persen.

Belanja konsumen, yang menyumbang lebih dari dua pertiga perekonomian AS, terakselerasi dari 1,9 perseh pada kuartal I 2017.

"Belanja konsumen riil sekali lagi menciptakan lonjakan kuat dalam pertumbuhan ekonomi," kata Stuart Hoffman, penasihat ekonomi senior di PNC.

Akan tetapi, dengan pertumbuhan upah yang masih stagnan, ada kekhawatiran bahwa belanja konsumen akan melambat pada kuartal berikutnya.

Akhir pekan lalu, Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan, Indeks Biaya Tenaga Kerja naik 0,5 persen pada Juni 2017 setelah tumbuh 0,8 persen pada kuartal I 2017.

Data pertumbuhan ekonomi teranyar AS tersebut pun mengindikasikan masih ada ruang bagi bank sentral AS Federal Reserve untuk menaikkan suku bunga acuan pada tahun 2017 ini.

Kalau The Fed menaikkan suku bunga acuan, maka itu akan menjadi kenaikan ketiga pada tahun ini. Namun, para analis menyatakan data ekonomi terakhir menyugestikan bahwa The Fed tidak memiliki tekanan apapun untuk buru-buru menaikkan suku bunga acuan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com